PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al Alaq
1 – 5
Ali Imran (3) :132
|
QUR’AN
Membaca
Hijaiyah
Huruf Qarib Tunggal
Fathah, Kasrah, Dhammah Huruf Gharib Tunggal
AQIDAH
Beriman kepada Allah
Allah Maha Pengasih dan
Penyayang
Mengagumi sifat nabi
Muhammad
IBADAH
Syahadat
|
-
Menyanyikan
lagu-lagu BMQDG secara klasikal, kelompok, individual, estafet.
-
Tugas
rumah : Menulis huruf-huruf yang sudah diajarakan .
-
Menerapkan
Tutor sebaya.
Menyanyikan
lagu-lagu :
-
“Terbayang
Kuasa-Mu”
-
“Allah”
Mengamati ciptaan
Allah diluar kelas
-
“Al
Amin”
Memperhatikan
poster bergambar “Ciptaan Allah”.
Menyanyikan
lagu :
-
“Aku
Bersaksi”
-
Melafalkan
dua kalimah syahadat
|
Bisa membaca aksara tunggal
hijaiyah dengan fasih secara klasikal, kelompok, estafet.
Bisa menulis huruf
hijaiyah
-
Bisa
menjelaskan bahwa Allah itu ada
-
Bisa
menyebutkan ciptaan Allah
-
Bisa
menjelaskan sifat Nabi Muhammad sebelum diangkat menjadi Rasul.
Bisa mengucapkan
dua kalimah syahadat dan hafal terjemahannya
|
-
Suka
belajar membaca Qur’an dirumah atau sekitar rumahnya.
-
Percaya
diri
-
Kecakapan
bekerja sama
-
Bertanggung
jawab
-
Menjalankan
tugas dengan sebaik-baiknya.
-
Meyakini
keberadaan Allah
-
Taat
beribadah padaNya
-
Mensyukuri
nikmat Allah atas karunian-Nya.
-
Meneladani
sifat Nabi Muhammad yang amanah.
Beriman kepada Allah
Mencintai dan meneladani Nabi Muhammad saw.
|
-
Bernyanyi
-
Portofolio
penulisan Hijaiyah
-
Bernyanyi
-
Jawaban
singkat
-
Bernyanyi
-
Jawaban
singkat
|
30 x 2 Jam pelajaran
2 x 2
2 x 2
2 x 2
2 x 2
|
BUKU & VCD
Belajar Membaca
Qur’an Dengan Gembira Jilid I
Buku PAI Jilid I
Buku Rukun Iman
VCD Tembang Aqidah
BUKU
Rukun Islam
VCD
Tembang Ibadah
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al – An’aam (6) : 54
Taa’ Haa (20) : 114
Bani Israil (17) : 24
|
Doa
sehari-hari
Salam
Doa sebelum belajar
Doa sesudah belajar
Doa bagi orang tua
Doa sebelum makan
Doa sesudah makan
Etika didalam keluarga
|
Menyanyikan lagu :
-
Salam
Menyanyikan lagu doa sebelum
belajar
Menyanyikan lagu doa
sesudah belajar
Menyanyikan lagu “ Doa bagi
kedua orang tua “
Menyanyikan lagu doa
sebelum makan.
Menyanyikan lagu doa
sesudah makan
Menjelaskan etika
didalam keluarga
|
Bisa mengucapkan salam dan
hafal terjemahannya.
Bisa menjelaskan etika dalam
mengucapkan salam.
Bisa melafalkan doa sebelum
belajar dan memahami artinya.
Bisa melafalkan doa sesudah
belajar dan memahami artinya.
Bisa melafalkan doa sebelum
makan dan memahami artinya.
Bisa melafalkan doa sesudah
makan dan memahami artinya.
Terbinanya suasana keluarga
yang Islami.
|
Terbiasa mengucapkan salam.
Mengamalkan
Senyum Sopan Salam Sapa.
Terbiasa berdo’a sebelum belajar
Dan sopan terhadap guru dan teman
Terbiasa berdo’a sesudah belajar
Sopan dan senantiasa mendoakan orang tua.
Sopan ketika makan bersama.
Membantu membenahi
meja makan
Menghormati yang lebih tua dan
menyayangi yang lebih muda.
|
-
Bernyanyi
-
Jawaban
singkat
-
Bernyanyi
-
Jawaban
singkat
-
Bernyanyi.
-
Jawaban
singkat
-
Bernyanyi
-
Jawaban
singkat
-
Dramatisasi
-
Jawaban
singkat
|
2 x 2
2 x 2
2 x 2
2
x
2
2 x 2
2 x 2
2 x 2
|
-BUKU
Doa Sehari-hari
-VCD
Nada dan Doa
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al Baqarah (2) : 30 – 39
Al Maidah (5) : 27 – 31
Maryam
56 – 57
Asy Syu’ara
105 – 122
Asy Syu’ara
123 – 140
Asy Syu’ara
141 – 159
Asy Syu’ara
192 – 227
|
KISAH
RASUL-RASUL
Nabi Adam
Nabi Idris
Nabi Nuh
Nabi Hud
Nabi Shalih
Nabi Muhammad
|
Bercerita kisah Adam dan Hawa
Kasus Qabil dan
Habil
Menceritakan kisah
Nabi Idris
Menceritakan kisah
Nabi Nuh
Menceritakan kisah
Nabi Hud
Menceritakan kisah
Nabi Shalih
Menceritakan kisah
Nabi Muhammad sebelum menjadi Rasul.
|
Bisa menceritakan kisah Adam
dan Hawa.
Bisa menceritakan
kasus Qabil dan Habil
Bisa menceritakan kisah Nabi
Idris.
Bisa menceritakan kisah Nabi Nuh
dan menjelaskan hikmahnya serta cara meneladaninya
Bisa menceritakan kisah Nabi Hud
dan menjelaskan hikmahnya dan cara meneladaninya
Bisa menceritakan kisah Nabi
Shalih dan menjelaskan hikmahnya dan cara meneladaninya
Bisa menceritakan kisah Nabi
Muhammad dan menjelaskan hikmahnya dan cara meneladaninya
|
Jangan rakus.
Jangan sombong seperti Iblis.
Sayangilah saudaramu dan jangan
membunuh.
Shidiq-Amanah-Fathanah-Tabligh
-
Tidak
menyembah selain Allah.
-
Melaksanakan
perintahNya, jauhi laranganNya, istiqomah, tawakal
-
Patuhilah
nasehat orang tuamu.
-
Beriman
dan bertaqwa
Meningkatnya
keimanan dan ketakwaan serta kualitas moral.
-Meningkatkan
keimanan, ketakwaan dan ketaatan beribadah
-Jujur dan dapat dipercaya
|
-
Bercerita
-
Jawaban
singkat
-
Bercerita
-
Jawaban
singkat
-
Bercerita
.
-
Jawaban
singkat
-
Bercerita
-
Jawaban
singkat
-
Bercerita
-
Jawaban
singkat
|
3 x 2
1 x 2
2 x 2
2 x 2
2 x 2
2 x 2
|
Buku Kisah
Nabi dan Rasul
Buku kisah Nabi dan Rasul
Buku kisah Nabi dan Rasul
Buku kisah Nabi dan Rasul
Buku kisah Nabi dan Rasul
Buku Riwayat Naabi
Muhammad
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
Al Alaq
1 – 5
Ali Imran (3) :132
Al Fatihah
|
QUR’AN
-Huruf Sambung
-Huruf Qarib Bersambung
-Huruf Gharib Bersambung
-Tanwin Sukun
Tasydid
AQIDAH
Rukun Iman
Beriman kepada
Malaikat
IBADAH
Rukun Islam
Perintah Sholat
Fatihah
|
Menyanyikan
lagu-lagu BMQDG jilid II secara klasikal, kelompok, individual estafet.
Pekerjaan rumah :
Menulis huruf-huruf
yang sudah diajarakan .
Menyanyikan
lagu-lagu “Rukun Iman”
Menyanyikan
lagu-lagu “Malaikat-malaikat”
Menyanyikan
lagu
“Rukun
Islam”,
Menyanyikan
lagu-lagu :
-
“Tegakkan
Sholat”
-
“Al
Fatihah”
|
-Bisa membaca huruf
sambung dengan fasih.
-Bisa menulis huruf
sambung.
-Bisa membaca huruf
berharakat tanwin.
-Bisa membaca huruf
yang berharakat tanwin, sukun dan tasydid.
Bisa menyebutkan
Rukun Iman yang enam.
Bisa menyebutkan
nama-nama 10 malaikat dan tugas yang diembannya.
Bisa menyebutkan
Rukun Islam yang lima.
Menyebutkan
banyaknya rakaat shalat wajib.
Melafalkan Al
Fatihah dan hafal terjemahannya.
|
Suka belajar membaca
Qur’an secara mandiri dengan menonton VCD nya atau dididik anggota keluarga
atau ustadz-ustadza disekitar rumah.
Meyakini Allah,
Malaikat, Kitab-Kitabnya, Rasul-Rasulnya, Hari Akhir, Taqdir.
-
Suka
berbuar kebaikan
-
Takut
berbuat dosa
-
Qona’ah
-
Suatu
dialog antar peshalat dan Allah S.W.T
-
Meyakini
Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Kuasa
|
-Bernyanyi
-Jawaban singkat
-Portofolio
tugas menulis
Bernyanyi
Jawaban singkat
Bernyanyi
Jawaban singkat
|
30 x 2 Jam pelajaran
2 x 2
3 x 2
2 x 2
4 x 2
|
Buku
Belajar Membaca
Qur’an Dengan Gembira Jilid II
VCD
Belajar Membaca
Qur’an Dengan Gembira
BUKU
Rukun Iman
VCD
Tembang Aqidah
BUKU
Rukun Islam
VCD
Tembang Ibadah
BUKU & VCD
Tuntunan Shalat
Tembang Shalat
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Asy Syu’ara
161 – 175
Asy Syu’ara
69 – 104
Hadits
|
Wudhu
Rukuk & Sujud
Iftiros
|
-
Bimbingan
melafalkan Al Fatihah
-
Menjelaskan
arti maknanya
-
Menyanyikan
lagu Al Fatihah
-
Menjelaskan
jawaban Allah terhadap bacaan Al Fatihah.
Mendemonstrasikan cara berwudhu
dan melafalkan doa berwudhu.
Menyanyikan lagu
“Wudhu”
Menyanyikan lagu “
Maha Mulia”
Melafalkan bacaan
Rukuk dan Sujud
Mengajarkan bacaan
doa antara dua sujud.
Menyanyikan lagu
“Iftiros”
|
-
Bisa
melafalkan al Fatihah dengan benar dan indah.
-
Hafal
terjemhan Al Fatihah
-
Menyadari
bahwa keabsahan shalat adalah dilafalkannya Al Fatihah.
Bisa berwudhu dengan benar dan
melafalkan doanya.
Bisa melafalkan doa Rukuk dan
Sujud serta memahami artinya.
Hafal dan bisa melafalkan doa
antara dua sujud beserta terjemahannya.
|
-
Berterimakasih kepada Sang Pencipta,
Pemelihara dan Penyempurna.
-
Meyakini
Hari Kemudian
-
Berjanji
hanya mengabdi dan berharap pada-Nya
-
Memohon
bimbinganNya agar bahagia di dunia dan akhirat.
-
Melaksanakan
perintahNya menghindari laranganNya.
-
Berpedoman
pada Qur’an dan Sunnah agar tidak tersesat selama-lamanya.
-
Mencintai
kebersihan jasmani dan kesucian hati.
-
Meyakini
bahwa Allah Maha Mulia dan Maha Agung.
-
Memohon
Pengampunan, Kemurahan, Pertolongan, Kemuliyaan, Kesehatan.
|
Bernyanyi
Demonstrasi
Jawaban singkat
Bernyanyi
Demonstrasi
Jawaban singkat
|
4x2 Jam pelajaran
3x2
3x2
2x2
|
Buku
Revitalisasi PAI
VCD
Tembang Shalat
BUKU
Tuntunan Sholat
VCD
Tembang Sholat
BUKU
Tuntunan Sholat
VCD
Tembang Sholat
(Idem)
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Yusuf
|
KISAH
RASUL-RASUL
Nabi Luth
Nabi Ibrahim
Nabi Ismail
Nabi Ishak
Nabi Yakub
Nabi Yusuf
|
-
Bercerita
-
Uraian
-
Bercerita
-
Uraian
-
Bercerita
-
Uraian
-
Bercerita
-
Uraian
-
Bercerita
-
Uraian
-
Bercerita
-
Uraian
|
Bisa menceritakan kembali kisah
Nabi Luth dan mengetahui cara meneladaninya
Bisa menceritakan kembali kisah
Nabi Ibrahim dan mengetahui cara meneladaninya
Bisa menceritakan kembali kisah
Nabi Ismail dan mengetahui cara meneladaninya
Bisa menceritakan kembali kisah
Nabi Ishak dan mengetahui cara meneladaninya
Bisa menceritakan kembali kisah
Nabi Yakub dan mengetahui cara meneladaninya
Bisa menceritakan kembali kisah
Nabi Yusuf dan mengetahui cara meneladaninya
|
-
Tunduk
dan taat pada-Nya
-
Takut
berbuat maksiat.
-
Anti
menyembah berhala.
-
Menggunakan
akal sehat.
-
Berani
dan istiqomah.
-
Pasrah
dan tawakal pada-Nya.
-
Lemah
lembut kepada sesama
-
Taat
melaksanakan perintah-Nya.
-
Jangan
sombong
-
Cintailah
saudaramu
-
Takut
berbuat maksiat
-
Pemaaf
.
|
Bercerita
Tablo, Pantomin
Dramatisasi
Jawaban singkat.
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
|
3x2
2x2
1x2
1x2
3x2
|
Buku
Kisah Nabi dan Rasul
Buku
Kisah Nabi dan Rasul
Buku
Kisah Nabi dan Rasul
Buku
Kisah Nabi dan Rasul
Buku
Kisah Nabi dan Rasul
Buku
Kisah Nabi dan Rasul
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al Alaq
1 – 5
Al Baqarah (2) : 233
Al Baqarah (2) : 137
Saba’ (34) : 50
Hadits
Hadits
Hadits
|
QUR’AN
Membaca Hijaiyah
Hukum Tajwid tingkat dasar
AQIDAH
Beriman
Kepada Allah
Allah Maha Melihat
Allah Maha Mendengar
Allah Maha Dekat
IBADAH
Tasyahud awal
Tasyahud akhir
Doa Iftitah
Niat
|
-
Menyanyikan
lagu-lagu BMQDG Jilid 3 secara klasikal, kelompok, individual, estafet.
-
Pekerjaan
rumah : Menulis huruf-huruf yang sudah diajarkan .
Menjelaskan bahwa Allah Maha
Mengetahui
Mengetahui bahwa Allah Maha
Mendengar
Menjelaskan bahwa Allah Maha
Dekat
-
Melafalkan
Tasyahud awal
-
Menyanyikan
“Doa Tasyahud”
-
Melafalkan
Tasyahud akhir
-
Menyanyikan
sholawat
-
Melafalkan
dua macam doa iftitah
-
Menyanyikan
dua lagu iftitah
-
Niat
shalat
|
-
Bisa
membaca aksara hijaiyah dengan benar, mengikuti hukum tajwid
-
Bisa
menulis huruf-huruf yang sudah diajarkan dengan indah dan sempurna.
-
Mengetahui
bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Mendengar dan Maha Dekat.
-
Sabar
dan qonaah
-
Hafal
bacaan Tasyahud awal beserta terjemahannya.
-
Hafal
bacaan Tasyahud akhir berserta terjemahannya.
-
Hafal
dua macam bacaan iftitah beserta terjemahannya.
Bisa melafalkan niat
|
-
Belajar
dengan penuh semangat dan senang.
-
Percaya
diri, bisa bekerja sama dan memimpin kegiatan sebagai dirigen
-
Suka
berbuat kebaikan
-
Takut
berbuat dosa
-
Suka
berbuat kebaikan
-
Takut
berbuat dosa
-
Bersyukur
atas nikmat Allah SWT
-
Mencintai
Rasulullah
-
Mencintai
orang-orang shaleh
-
Merasa
mantap sebagai muslim sejati
-
Menunaikan
shalat dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh
|
-
Simulasi
-
Portofolio
-
Jawaban
singkat
-
Lisan
-
Tulisan
-
Uraian
-
Jawaban
singkat
-
Penilaian
orang tua
-
Berjamaah
-
Tepat
waktu
-
Tidak
tepat waktu
-
Jarang
-
Tidak
sholat
|
30 x 2 Jam pelajaran
2x2
4 x 2
4x2
|
BUKU
B M Q D G Jilid 3
VCD
B M Q D G Volume 3
Qur’an dan terjemahan-nya
Buku Shalat
VCD Tembang Shalat
|
Al
A'raaf
(7) :
103 – 138
|
KISAH
RASUL-RASUL
Nabi Ayub
Nabi Zulkifli
Nabi Syuaib
Nabi Musa dan Nabi Harun
|
Menjelaskan Rasul-Rasul yang
menerima Kitab-kitab, dan menyanyikan lagu “ Kitabullah”.
Bercerita
Tanya jawab
Bercerita
Tanya jawab
|
Bisa menceritakan kembali Nabi
Ayub
Bisa menceritakan kembali Nabi
Zulkifli
Bisa menceritakan kembali Nabi
Syuaib
Bisa menceritakan kembali Nabi
Musa dan Nabi Harun
|
-
Tabah
dan sabar menghadapi ujian dari Allah
-
Hanya
menyembah Allah Yang Esa
-
Peduli
kepada sesama
-
Istiqomah
|
4x2
|
Qur’an dan terjemahan-nya
VCD Tembang Aqidah
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al
Ikhlas
An Naas
Al Falaq
Al Ashr
Al Ma’uun
|
Surat Al Ikhlas
Surat An Naas
|
Latihan
mempraktekkan Belajar Membaca Surat Al Ikhlas
Mendeklamasikan
puisi “Keesaan” secara klasikal, kelompok dan individual.
Latihan
mempraktekan Belajar Membaca Surat An Naas
Mendeklamasikan
puisi
“
Manusia”
Latihan
mempraktekan Belajar Membaca Surat Al Falaq
Mendeklamasikan
puisi
“
Cahaya Subuh”
Latihan
mempraktekan Belajar Membaca Surat Al Ashr
Mendeklamasikan
puisi
“
Demi Masa”
Latihan
mempraktekan Belajar Membaca Surat Al Ma’uun
Mendeklamasikan
puisi
“
Mengulur Tangan”
Pembelajaran surat-surat
tersebut disertai penjelasan mengenai hukum tajwid tingkat lanjutan.
|
Bisa
membaca Al Ikhlas dengan benar dan indah.
Hafal
Surat Al Ikhlas beserta terjemahannya.
Bisa
membaca An Naas dengan benar dan indah.
Hafal
Surat An Naas beserta terjemahannya.
Bisa
membaca “Al Falaq” dengan benar dan indah
Bisa
membaca Al Ashr dengan benar dan
indah.
Hafal
Surat Al Ashr beserta terjemahannya.
Bisa
membaca Al Ma’uun dengan benar dan indah.
Hafal
Surat Al Ma’uun beserta terjemahannya.
|
-
Yakin
bahwa Allah Maha Esa
-
Hanya
berharap kepada Allah SWT
-
Hanya
berlindung kepada Allah SWT
-
Yakin
bahwa Allah adalah Raja dan Tuhan manusia
-
Mewaspadai
godaan Jin dan manusia
-
Hanya
berlindung kepada Allah
-
Anti
ke dukun
-
Tidak
dengki dan iri
-
Menghargai
waktu
-
Suka
berbuat kebajikan
-
Menasehati
dan mengingatkan dengan niat baik.
-
Menunaikan
shalat dengan ikhlas
- Menganjurkan
menyantuni kaum dhuafa
|
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
|
5x2 jam pelajaran
5x2 jam pelajaran
5x2 jam pelajaran
5x2 jam pelajaran
5x2 jam pelajaran
|
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al Jaatsyiyah (45) : 20
HR.Bukhari Muslim
Al A’raf (7) :
Syarah As Sunnah
Muhammad(47) : 24
HR. Anas Malik
HR. Abu Dawud &
Tirmidzi
Ash Shaf (61) : 3
|
AQIDAH
Beriman
kepada Kitabullah
Pedoman Hidup
Belajar Membaca Qur’an
Mendengar bacaan Qur’an
Menghafal Qur’an
Memahami Qur’an
Dilarang membaca Qur’an dengan tergesa
|
Menjelaskan bahwa kita harus
berpedoman Qur’an agar bahagia di dunia dan akhirat.
Barang siapa mahir membaca
Qur’an akan didampingi para malaikat yang suci dan mulia.
Apabila Qur’an dibacakan,
dengarkan dengan seksama, agar kamu mendapatkan rahmat.
Hafalkan Qur’an karena Allah
tidak mengazab pada hati yang berisi Qur’an.
Menjelaskan keharusan memahami
isi kandungan Qur’an.
Banyak orang membaca Qur’an,
tetapi justru Qur’an itu sendiri yang mengutuknya karena tidak memahami
maknanya.
Siapa yang mengkhatamkan Qur’an
kurang dari tiga hari tidak bakal memahami maknanya.
Menjelaskan bahwa Allah
membenci terhadap orang yang mengucapkan tetapi tidak mengamalkannya
|
Mengetahui bahwa Qur’an adalah
pedoman hidup agak tidak tersesat.
Pentingnya ketrampilan membaca
Qur’an.
Mengetahui manfaat untuk
mendengarkan bacaan Qur’an.
Mengetahui manfaat menghafal
Qur’an.
Mengetahui manfaat untuk
memahami Qur’an.
Mengetahui resiko bila tidak
memahami apa yang dibacanya.
Mengetahui resiko membaca
Qur’an dengan tergesa.
Mengetahui bahwa Allah murka
bila tidak mengamalkan Al Qur’an apa
yang kita ucapkan.
|
-
Memahami,
menghayati dan mengamalkan Qur’an.
-
Rajin
belajar membaca Qur’an.
- Mendengarkan
bacaan Qur’an dengan sungguh-sungguh.
-
Senang
menghafal Qur’an
-
Berusaha
bisa memahami Qur’an.
-
Membaca
Qur’an dengan tidak tergesa.
-
Berusaha
mengamalkan setiap ayat Qur’an yang dibacanya.
|
-
Unjuk
kerja
-
Pengamatan
dan tes lisan
-
Tes
hafalan
-
Uraian
-
Uraian
-
Pengamatan
-
Pengamatan
|
4x2
|
Buku Rukun Iman
VCD Tembang Aqidah
Lagu “Qur’an diturunkan”
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Huud (11) :1 20
Al Hajj (22) : 49
Al Ahzab (33) : 7
Ali Imran (3) : 132
Al An’am (6) : 89
Hud (11) : 84 – 94
|
Beriman
kepada Rasulullah
Allah mengutus Rasul
Tidak semua Rasul
tertera di Qur’an
Tugas Rasulullah
Tugas Rasulullah
Tugas Rasulullah
Ulul Azmi
Taat kepada Allah
dan Rasul
Rasul yang mendapat
Kitab
|
Allah mengutus
RasulNya kepada setiap umat
Tidak semua
Rasul tertera dalam Qur’an.
Menjelaskan bahwa
para Rasul menyampaikan amanatNya.
Rasul untuk
memperteguh keimanan.
Menjelaskan bahwa
tugas Rasul adalah mengingatkan manusia.
Menjelaskan
kelebihan Rasul yang istiqomah.
Kita harus tunduk
dan taat kepada Allah dan Rasul.
Menjelaskan Rasul yang menerima Kitab
Menyanyikan lagu “:
-
Sifat
Rasulullah
-
Kitabullah
|
-
Allah
Maha Adil kepada setiap umat.
-
Tidak
semua Rasul tertera dalam Al Qur’an
-
Bisa
menjelaskan tugas-tugas Para Rasul
Bisa menyebutkan
Rasul-Rasul bergelar Ulul Azmi dan kelebihannya.
Menyadari bahwa kita
harus tunduk dan taat kepada Rasulullah.
Bisa menyebutkan
nama Rasul-rasul beserta kitab-kitab yang diterimanya.
|
-
Menyadari
bahwa Allah bersikap adil bagi setiap umat manusia.
-
Meneladani
Rasulullah untuk menyampaikan risalah-Nya.
-
Meneladani
Rasulullah untuk mengingatkan manusia.
-
Shodiq-Istiqomah-Fathanah-Amanah_Tabligh
(SIFAT).
-
Tunduk
dan taat kepada Rasulullah
-
Menghargai
kitab-kitab yang diwahyukanNya kepada para Rasul.
|
-
Lisan
-
Tulisan
-
Uraian
-
Jawaban
singkat
|
8x2
2x2
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Shaad (38) :
17-30
An
Naml (27) : 16-25
Ash
Shaffaat (37) : 140-147
Ali
Imran (3) : 12-15
Maryam
(19) : 12-15
Ali
Imran (3) : 45-49
Maryam
(19) : 27-32
|
IBADAH
Adzan dan Iqamat
Doa sesudah sholat
Doa sebelum tidur
Doa sesudah tidur
KISAH RASUL
Daud
Sulaiman
Ilyas dan Ilyasa
Yunus
Zakaria dan yahya
Isa
|
Berlatih menyuarakan adzan dan Iqamat dengan indah.
Menyanyikan lagu
“Panggilan Suci”
Menyanyikan lagu :
Tasbih-Tahmid-Tahlil-Takbir.
Melafalkan doa
sebelum tidur
Menyanyikan lagu doa
sebelum tidur.
Melafalkan doa
sesudah tidur
Menyanyikan lagu
sesudah tidur.
Menceritakan kisah
nabi Daud
Menceritakan kisah
nabi Sulaiman
Menceritakan kisah
nabi Ilyas dan Ilyasa
Menceritakan kisah
nabi Yunus
Menceritakan kisah
nabi Zakaria dan Yahya
Menceritakan kisah
nabi Isa
|
Bisa menyuarakan adzan dengan
indah
Bisa menjawab seruan adzan
Hafal melafadzkan Tasbih,
Tahmid, Tahlil, Takbir.
Hafal doa sebelum dan sesudah
tidur beserta terjemahannya.
Bisa menceritakan kembali kisah
nabi Daud
Bisa menceritakan kembali kisah
nabi Sulaiman
Bisa menceritakan kembali kisah
nabi Ilyas dan Ilyasa
Bisa menceritakan kembali kisah
nabi Yunus
Bisa menceritakan kembali kisah
nabi Zakaria dan Yahya
Bisa menceritakan kembali kisah
nabi Isa
|
Shalat tepat pada waktunya.
Disiplin, menghargai waktu.
Semangat meraih kesuksesan
Memuji, mensyukuri, meyakini
dan mengagungkan Allah SWT
-
Berani
karena benar
-
Semangat
berpuasa
-
Arif
dan bijaksana
-
Tidak
putus asa dalam berdakkwah
-
Berani
dan tawakal
-
Membela
ibunda
-
Penuh
kasih saying
-
Berani
dan istiqomah
|
Demonstrasi
Hafalan
Bernyanyi
Bernyanyi
Hafalan
Bercerita
Tablo
Pantomim
Demonstrasi
Jawaban singkat
|
4x2
3x2
3x2
3x2
2x2
2x2
2x2
2x2
2x2
2x2
|
Buku tuntunan shalat
Buku doa sehari-hari
VCD
Tuntunan Sholat
Nada dan Doa
Buku kisah Nabi dan Rasul
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Ad Dukhan
(44) : 51-56
An Nissa’ (4) : 36
Al Anfal (8) : 58
Al Maidah (5) : 2
Al Maidah (5) : 1
Al Imran (3) : 134
Al Baqarah (2) : 262
An Nisaa’ (4) : 148
Al Furqan (25) 72
Al Mutaffifin (83) 12
Al Falaq (113) 51
Al Baqarah (2) 191
An Nisa’(4) 36
Al Maidah (5) 3
Al
Maidah (5) 38
|
AKHLAK
Beramal kebajikan
Sifat
Tercela
Bohong
Dengki/iri
Fitnah
Sombong
Makanan haram
Mencuri
|
-
Menjelaskan
balasan bagi yang beramal kebajikan
-
Memberikan
nasihat bahwa apa yang kita lakukan terhadap orang lain, sama halnya dengan
melakukan pada diri kita sendiri
-
Menjelaskan
beberapa sifat tercela dan akibatnya
bagi yang melakukan
|
Bisa
menjelaskan :
-
Berbagai
amal kebajikan
-
Bagi
yang mengamalkan, mulia dihadapan Allah dan manusia
-
Bisa
menjelaskan berbagai perbuatan tercela
-
Bagi
yang melakukan hina didepan Allah dan manusia
|
Suka berbuat kebajikan
-
Berbuat
baik bagi orang tua, kerabat, tetangga, teman akrab, fakir miskin.
-
Jujur,
dan bias dipercaya
-
Bekerja
sama dalam kebaikan
-
Senantiasa
memenuhi janji
-
Pemaaf
-
Peduli
kepada sesame
-
Berlomba
dalam beramal kebajikan
-
Tidak
melakukan perbuatan keji dan munkar
-
Tidak
pembohong, curang, iri/dengki, memfitnah, sombong, mencuri dan mengkonsumsi
makanan dan minuman haram, merokok dan menghisap narkoba..
|
-
Pengamatan
-
Lisan
-
Tulisan
Jawaban
singkat
|
3 x 2
|
Qur’an dan terjemahan-nya
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
An Naml
(27) : 87
Al Qoriah (10) : 1-11
Al Hajj
(22) : 5-7
Al Qalam (68) : 34
Al Baqarah (2) : 81
Al Baqarah (2) : 110, 177
At Taubah (9) : 60
At Taubah (9) : 103
Al Ma’arij (70) : 24-25
Hadits
Al Baqarah (2) : 183-185
Hadits
|
AQIDAH
Beriman
Pada Hari Akhir
Tanda kiamat
Hari kiamat
Hari kebangkitan
Surga
Neraka
IBADAH
Wajib
zakat
Perintah menunaikan zakat
Yang berhak menerima zakat
Hakekat zakat
Hak si miskin
Zakat fitrah
Perintah
Berpuasa
Wajib puasa
|
-Menjelaskan
datangnya Hari Kiamat
-Menjelaskan
yang terjadi pada hari kiamat
-Menjelaskan
dibangkitkannya manusia dari mati
-Menjelaskan
bahwa orang yang bertakwa menghuni surga
-Menjelaskan
bahwa para pendosa menghuni neraka
-Menyanyikan
lagu “ Surga dan Neraka”
Menjelaskan perintah menunaikan
zakat
Menjelaskan mereka yang berhak
menerima zakat
Menjelaskan bahwa zakat
membersihkan harta
Menjelaskan adanya hak orang
miskin pada harta orang kaya
Menyanyikan lagu-lagu “Zakat “
dan “Shodaqoh”
Menjelaskan watu dibaikannya
zakat fitrah.
Menjelaskan perihall puasa
wajib.
Menyanyikan lagu-lagu :
-
Ibadah
puasa
-
Doa
berbuka puasa
|
Mengetahui tanda ditiupnya terompet kiamat.
Bisa menjelaskan peristiwa pada
hari kiamat.
Bisa menjelaskan peristiwa kebangkitan
dari mati.
Bisa menjelaskan syarat menjadi
penghuni surga
Bisa menjelaskan perilaku
penghuni neraka
Bisa menjelaskan yang wajib
zakat dan menerima zakat.
Bahwa zakat untuk membersihkan
harta
Bahwa didalam harta si kaya
terdapat hak si miskin
Mengetahui waktu pembagian
zakat fitrah.
Mengetahui :
-
Tata
cara berpuasa
-
Hari-hari
dilarang berpuasa
-
Perilaku
tatkala berpuasa
|
-
Takut
berbuat dosa
-
Suka
beramal kebajikan
-
Takut
berbuat dosa
-
Suka
berbuat kebajikan
-
Takut
berbuat dosa
-
Suka
beramal kebajikan
-
Takut
berbuat dosa
-
Suka
berbuat kebajikan
-
Takut
berbuat dosa
-
Suka
beramal kebajikan
-
Peduli
kepada teman yang miskin
-
Suka
bersedekah uang, ilmu, tenaga, nasihat, doa dan senyuman.
-
Mengurus
panitia zakat disekolah dan dilingkungannya.
-
Suka
membantu mengumpulkan dan membagi zakat fitrah.
-
Bertakwa
-
Merasa
empati kepada kaum dhuafa
-
Tangguh,
ulet secara fisiologis
-
Berdoa
sehabis berbuka
|
Pengamatan
Lisan
Tulisan
Jawaban singkat
Pengamatan
Lisan
Tulisan
Jawaban singkat
|
3x2 jam pelajaran
4x2 jam pelajaran
4x2 jam pelajaran
|
Qur’an dan terjemahannya
Hadits
Qur’an dan terjemahannya
Hadits
|
PEDOMAN
|
SEJARAH
PERADABAN
ISLAM
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al Quraish
Al
Fill
Al
Qadr
Al
Alaq : 1-5
Al
Baqarah (43) : 43
Al
Kafirun
|
Peradaban
Jahiliyah
Hancurnya pasukan gajah
Kisah
dilantiknya Nabi .Muhammad sebagai Rasulullah
Kisah
diwahyukannya ayat-ayat yang pertama kali diwahyukan
Perintah
melaksanakan shalat
Berdakwah
secara terang-terangan
|
Menjelaskan profesi kejakinan
dan tingkah laku Kaum Quraish.
Mendeklamasi puisi “ Kaum
Quraish
Menyanyikan lagu “Muhammad
Penyelamat Dunia”
Menceritakan kisah
hancurnya pasukan gajah
Mendeklamasikan puisi “Pasukan
Gajah”
Praktek belajar
membaca surat Al Qadr
Menceritakan kisah dilantiknya
Nabi Muhammad sebagai Rasulullah
Mendeklamasikan
puisi “Malam Keagungan”
Menyanyikan lagu “Al
Qur’an diturunkan”
Latihan membaca
surat Al Alaq
Mendeklamasikan
puisi :Al Alaq“
Menjelaskan surat Al
Alaq 1-5
Praktek belajar membaca “Al
Kafirun”
Mendeklamasikan puisi
“Orang-orang Kafir”
|
Bisa
menjelaskan keyakinan perilaku dan profesi kaum kafir Quraish.
Hafal surat Al Quraish dan
terjemahannya
Bisa menceritakan kembali kisah
pasukan gajah
Hafal surat Al Fill beserta
terjemahannya.
Bisa membaca surat Al Qadr
dengan benar dan indah.
Hafal surat Al Qadr beserta terjemahannya.
Bisa membaca Al Alaq 1-5 dengan
benar dan indah. Hafal surat beserta terjemahannya.
Bisa membaca surat Al Kafirun
dengan benar dan indah.
Hafal surat beserta
terjemahannya
|
-
Menyembah
Allah SWT
-
Tidak
melakukan perbuatan tercela
-
Pandai
berterimakasih atas karunia Ilahi.
-
Meyakini
keperkasaan Allah SWT
-
Pasrah
dan taakal pada-Nya.
-
Meyakini
Nabi Muhammad sebagai Rasulullah
-
Qur’an
sebagai pedoman hidup
-
Suka
membaca dan mempelajari Qur’an
-
Taat
menunaikan shalat
-
Tidak
mencampuradukkan antara yang hak dan batil.
-
Toleran terhadap penganut agama lain.
|
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
-
Hafalan
-
Uraian
|
5x2
Jam
pelajaran
5x2
Jam
pelajaran
5x2
Jam
pelajaran
3x2
Jam
pelajaran
2x2
Jam
pelajaran
5x2
Jam
pelajaran
|
Qur’an
Puitisasi
Terjemahan Al Qur’an
Qur’an
Puitisasi
Terjemahan Al Qur’an
Qur’an
Puitisasi
Terjemahan Al Qur’an
Qur’an
Puitisasi
Terjemahan Al Qur’an
|
PEDOMAN
|
SEJARAH
PERADABAN ISLAM
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al Lahab
Al Kautsar
Al Hajj
(22) :
58-62
At Taubah (9): 122
Al Baqarah (2): 143
Al Baqarah (2): 183
Ali
Imran (3) :121-127
Ali Imran (3): 152-155
Al Ahzab (33) :9-27
Al Baqarah (2): 216
Ali Imran
(3) : 110
An Nashr
|
Dimusuhi para kerabatnya, paman
dan bibinya.
-
Putranya
meninggal dunia
-
Diejek
kaum kafir Quraish
-
Dianggap
putus turunan
-
Perintah
hijrah ke kota Madinah
-
Mendirikan
masjid Nabawi
-
Mempersatukan
kaum Anshar dan Muhajirin
-
Mempersatukan
kaum Yahudi, Nasrani, Muslim.
-
Mendirikan
lembaga pendidikan Ash Shuffah
-
perubahan arah kiblat
-
Perintah
berpuasa
-
Pertempuran
badar
-
Para
tawanan perang badar
diperintah mengajarkan baca tulis
-
Pertempuran
Uhud
-
Pertempuran
Ahzab atau Khandaq.
Perjanjian Hudaibiyah
Pengirim an surat
kepada raja-raja.
Menaklukkan kota
Makkah
|
Latihan
mempraktekan Belajar Membaca Surat Al Lahab
Mendeklamasikan
puisi
“ Api Bergejolak”
Latihan
membaca surat Al Kautsar dan mendeklamasikan terjemahannya:
Kebajikan Berlimpah”
Menjelaskan
kisah hijrah ke kota Madinah
Berdiskusi
mengenai pentingnya pendidikan agama
Menceritakan
latar belakang dan jalannya pertempuran
Menyanyikan
“Shalawat Badar”
Menceritakan
latar belakang pasukan Muslim hampir terkalahkan.
Menceritakan
latar belakang jalannya pertempuran.
Menceritakan kisah kaum Quraisy dan kaum Yahudi bertempur melawan kaum
muslimin
Menceritakan
kebijakan Rasulullah untuk menerima perjanjian Hudaibiyah.
Diskusi
dan Tanya jawab
Menceritakan
upaya Rasulullah mengajak raja-raja ke dalam Islam.
Diskusi
dan Tanya jawab
Menceritakan
penaklukkan Kota Mekah.
Mendeklamasikan
surat An Nashr.
|
Bisa membaca Al
Lahab dengan benar dan indah.
Hafal Surat Al Lahab beserta terjemahannya
Bisa
membaca Al Kausar dengan benar dan indah, hafal dan memahami terjemahannya.
Bisa
menceritakan kembali kisah hijrah kaum muslimin ke Madinah
Bisa
menjelaskan strategi kegiatan Rasulullah dalam mempersatukan masyarakat yang
berbeda agama, kabilah dan tingkat sosial.
Mengetahui
fungsi Ash Shuffah
Bisa
menceritakan kisah perubahan arah kiblat.
Bisa menceritakan kisah pertempuran
Badar.
Allah menurunkan malaikat untuk
membantu kaum Muslim.
Bisa
menceritakan jalannya pertempuran di bukit Uhud yang
hampir
terkalahkan.
Bisa
menceritakan kisah pasukan sekutu (kafir Quraisy
dan kaum Yahudi) melawan kaum Muslim.
Mengetahui
mengenai apa, mengapa dan bagaimana perihal perjanjian Hubaibiyah.
Mengetahui
upaya Rasulullah mengajak raja-raja ke dalam Islam melalui surat-surat.
Bisa
melafalkan surat An Nashr dengan benar dan indah
Hafal
surat An Nashr beserta terjemahannya.
|
Istiqomah
- Rajin
shalat
- Rela
berkorban
- Tawakal
- Cerdas
menghadapi situasi
- Bijaksana
- Masjid
sebagai pusat kegiatan umat Islam
- Ukhuwah
Islamiyah
- Ukhuwah
Insaniyah
- Menyadari
pentingnya keutuhan NKRI dengan meneladani strategi Rasulullah.
- Mengannggap
pentingnya pendidikan agama.
- Bercita-cita
menunaikan ibadah haji.
- Motivasi
berpuasa
- Memiliki
semangat berjuang, berkorban harta dan nyawa.
- Tidak
terpesona godaan material
- Tunduk
dan taat pada pimpinan
- Senantiasa
berdoa memohon pertolongan-Nya.
- Pantang
menyerah dan yakin pertolongan Allah
- Mengalah
untuk menang.
- Motivasi
untuk mengajak menjadi Muslim
- Rela
memaafkan mereka yang memusuhi.
|
-
Hafalan
-
Uraian
-
Deklamasi
-
Hafalan
-
Portofolio
-
Jawaban
singkat
-
Bercerita
-
Jawaban
singkat
-
Portofolio
-
Bercerita
secara lisan
-
Portofolio
menulis cerita
(Idem)
(Idem)
-
Bercerita
-
Portofolio
penulisan cerita
-
Jawaban
singkat
-
Lisan
-
Tulisan
-
Jawaban singkat
-
Lisan
-
Tulisan
Jawaban
singkat
(Idem)
-
Lisan
-
Tulisan
Jawaban
singkat
|
5x2
Jam
pelajaran
5x2
Jam
pelajaran
3x2
Jam
pelajaran
2x2
Jam
pelajaran
2x2
Jam
pelajaran
|
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Juz ‘Amma
Buku Riwayat Hidup Rasulullah
Buku Riwayat Hidup Rasulullah
Idem
Idem
Idem
Idem
Idem
|
PEDOMAN
|
BAHAN
AJAR
|
PEMBELAJARAN
|
HASIL
BELAJAR
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Al – Qomar
(53) : 39
Al – Qomar
(53) : 39
Insyiqaq
(84) : 19
Asy Syura
(42) : 12
Ath Thalaq
(65) : 2 – 3
Al A’raaf
(7) : 205
|
BERIMAN KEPADA TAQDIR
Bakat dan potensi
Rajin belajar berusaha dan
berdoa
Sikap mental positif
Allah pembagi rezeki
Rezeki bagi yang bertakwa
Profesi saling sinergi
|
Menjelaskan
hubungan antara surat terkait dengan bakat dan potensi manusia
Menjelaskan
bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan rajin belajar, bekerja dan berdo’a
menyayikan lagu
Rajin berdoa berusaha
Memberikan nasihat agar
senantiasa meningkatkan kecerdasannya
Memberikan kesadaran bahwa
Allah yang melapangkan dan menyempitkan rezeki manusia
Menyanyikan lagu “taqdir “
Memberikan nasihat bahwa bila
bertaqwa, Allah memberi rezeki tidak terduga
Memberikan kesadaran bahwa
sebagian manusia ditinggikan dari yang lain agar bersinergi.
|
-
Siswa
memahami bakat dan potensinya
-
Menyadari
pentingnya berikhtiar
-
Menyadari
bahwa kemajuan itu bertingkat – tingkat
-
Menyadari
bahwa yang ditentukan allah adalah baik bagi dirinya
-
Senantiasa
meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
-
Mengetahui
bahwa Allah menentukan profesi seseorang
|
-
Memanfaatkan
dan menumpuk bakat dan potensinya
-
Rajin
belajar dan berdoa
-
Senantiasa berusaha agar hari ini lebih baik dari
kemarin
-
Pasrah dan tawakal padanya
-
Tidak
sombong bila kaya tidak kecil hati bila miskin
-
Melaksanakan
perintah Nya dan menghindari laranganNya
-
Suka
bergotong royong dan bersinergi.
|
-
Pengamatan
-
Partisipasi
orang tua
-
Penilaian
pribadi
-
Jawaban
singkat
|
3 X 2 Jam
pelajaran
|
Qur’an dan
Buku Revitalisasi
PAI
|
PEMBINAAN SIKAP MENTAL
POSITIF
BERDASARKAN PEMAHAMAN
ASMA’UL HUSNA
PEDOMAN
|
ACUAN
|
PEMBELAJARAN
|
NILAI
DAN KEYAKINAN
|
APLIKASI
REALITAS
|
EVALUASI
|
Al – Fatihah (1)
Al – Jin ( 72) : 2
Al – Baqarah (2 )
29 - 33
Al – Hasyr ( 59 )
23
Yaasin (36) : 81
Al – Baqarah (2) :255
An – Nissa’ (4) : 86
Saba’ (34) : 26
Adz – Dzaariyatt(51)
58
Al – Baqarah (2)
163
|
Al – Malik
Ar – Rosyid
Al – Alim
As – Salam
Al – Kholiq
Al – Qoyyum
Al – Hasiib
Al – Jami’
Al – Matin
Al –Wahid
|
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Kuasa
Menasehati agar
mampu menguasai diri
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Cerdas
Menasehati agar
pandai dan cerdas
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Mengetahui
Menasehati agar haus
pengetahuan
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Sejahtera
Menasehati agar
berusaha sejahtera
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Pencipta
Menasehati agar
kreatif
- Menjelaskaan bahwa
Allah Maha Menegakkan
Menasehati agar bisa
mandiri
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Perhitungan
Menasehati agar
cermat dan teliti
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Penghimpun
Menasehati agar
kerja sama
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Menggenggam Kekuatan
Menasehati agar
bersikap tangguh
- Menjelaskan bahwa
Allah Maha Esa
Menasehati agar
menjadi nomor satu
|
Ingin mampu menguasai diri
Ingin pandai dan cerdas
Ingin haus pengetahuan
Ingin hidup sejahtera
Ingin mampu berkreasi
Ingin bisa mandiri
Ingin cermat dan teliti
Ingin pandai bekerja sama
Ingin memiliki sikap yang teguh
dan tangguh
Ingin bermental juara
|
Senantiasa mampu menguasai
diri
Selalu pandai dan cerdas
Selalu menambah pengetahuan
Selalu sejahtera
Selalu kreatif
Selalu mandiri
Selalu cermat dan teliti
Selalu bisa bekerja sama
Selalu pantang menyerah
Selalu menjadi juara
|
Evaluasi diri
Untuk perihal nilai dan
keyakinan mengisi kisi – kisi Sangat Baik 3
Baik 2
Sedikit 1
Tidak ada 0
Untuk perihal aplikasi
kreativitas mengisi kisi – kisi Sangat Baik 3
Baik 2
Sedikit 1
Tidak ada 0
ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu keseluruhan
5x2 jam pelajaran
|
MENJALIN HUBUNGAN YANG
BAIK DENGAN ALLAH
QUR’AN
|
BUDI PEKERTI
|
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
EVALUASI
|
Hud
(11) : 123
At
Taubah (9) : 4
Al
Faihah (11) : 2
Az
Zumar (39) : 2
Al
Ankabut (29) : 62
Al
Jaatsiyah (45) : 20
Al
An’aam (6) :162-163
As
Saf (61) : 11
Hadits
Qudsi
Al
Baqarah (2) : 148
Ali
Imran (3) : 191
Al
Ahqaf (46) : 13
|
Hanya
menyembah Allah Yang Esa
Melaksanakan
perintah-Nya dan menghindari larangan-Nya
Senantiasa
mensyukuri nikmat-Nya, agar Allah menambahkan karunia-Nya.
Ikhlas,
segala yang dilakukan hanya untuk mendapatkan keridhaan-Nya.
Qonaah,
dalam keprihatinan namun rendah hati.
Berpedoman
kepada Qur’an dan Sunnah.
Tawakal,
berserah diri kepada-Nya.
Mujahadah,
bersungguh-sungguh dijalan Allah dengan harta dan jiwa.
Berprasangka
baik terhadap Allah.
Berlomba-lomba
dalam kebajikan.
Dzikirullah,
senantiasa mengingat-Nya agar Allah mengingat dirinya.
Istiqomah,
berjuang menyebarkan risalah-Nya.
|
- Ceramah
- Tanya
jawab
- Diskusi
|
5x2
jam pelajaran
|
- Tes
tulisan
- Tes
lisan
- Wawancara
- Jawaban
singkat
- Penilaian
sendiri
|
MEMPERTEGUH KEIMANAN
LEWAT MUKJIZAT QUR’AN
PEDOMAN
|
BIDANG
STUDI
TERKAIT
|
BAHAN
AJAR
|
SUMBER
BELAJAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
PEMBELAJARAN
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
Yasin ( ) 80
Al Fajr () : 1-5
Yunus (10) : 192
Al Alaq (96) : 3
Hadits Syarah As Sunnah
An Nahl (16) : 103
Al A’raf (7) : 158
|
IPA biologi
Matematika
PAI
IPA
PAI
PAI
|
Proses Photosintesis dalam ilmu
tumbuhan-tumbahan
Bilangan desimal dan digital
Kisah Rasul-Rasul mengenai
keberadaan mayat Fir’aun di piramida
Biologi ilmu manusia
Hafalan Qur’an
Qur’an dan terjemahan
|
Buku Biologi
Qur’an
Buku matematika
Qur’an
Buku kisah Rasul-Rasul
Buku Biologi
Buku Revitalisasi PAI
Buku Riwayat
Hidup Rasulullah
Buku Revitalisasi PAI
|
1x4 Jam pelajaran
|
Menjelaskan terjadinya proses
photosintesis pada tumbuh-tumbuhan berdaun yang terkait dengan surat Yasin :
80
Menjelaskan keterkaitan antara
ilmu matematika dengan surat Al Fajr : 1-5
Menjelaskan keterkaitan antara
kisah tenggelamnya Fir’aun yang mayatnya dimumikan di Mesir dengan surat ..
Menjelaskan proses terciptanya manusia
dari melekatnya (al alaq) ovum dan sperma.
Membuktikan bahwa Qur’an mudah
dihafal, bahwa banyak anak usia dini mampu menghafalkan seluruh isi Qur’an.
Menjelaskan bahwa Qur’an tidak
mungkin diciptakan Nabi Muhammad yang tidak bisa membaca dan menulis
|
Meyakini bahwa Qur’an adalah
mukjizat Rasulullah.
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
Meyakini bahwa Qur’an adalah
ciptaan Allah.
|
-
Uraian
-
Jawaban
singkat
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
|
PEDOMAN
|
POKOK
PEMBAHASAN
|
PEMBELAJARAN
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Az Zumar (39) : 2
Ali Imron (3) : 179
Asy Syura (42) : 20
Al Baqarsh (2) : 282
Al Muddassir (74) : 38
Al Anbiyaa’ (21) : 105
Al Ashr (103)
Al Insyirah (94) : 5,6
Al Baqarah (2) : 269
Al Baqarah (2) : 143
|
Taat beribadah
Bertakwa
Niat baik
Integritas
Bertanggung jawab
Cerdas
Disiplin
Istiqamah
Bijaksana
Seimbang
|
-
Menjelaskan
bahwa dengan taat beribadah, Allah akan melimpahkan rezeki.
-
Menjelaskan
bahwa Allah akan memberikan rezeki tak terduga bagi insan yang bertakwa.
-
Menasehati
agar dalam berhubungan dengan seseorang disertai niat baik.
-
Mengingatkan
sekali berbuat salah, seumur hidup orang tak percaya.
-
Mengingatkan
agar tidak melemparkan kesalahan pada orang lain.
-
Mengingatkan
bahwa sumber daya alam hanya dinimati orang yang cerdas.
-
Mengingatkan
agar hari ini harus lebih baik dari kemarin.
-
Mengingatkan
agar tidak berputus asa.
-
Mengingatkan
agar bersikap terbuka demi kemajuan.
-
Menasehati
agar menganut gaya hidup seimbang antara kepentingan dunia dan akhirat,
antara kepentingan pribadi dan masyarakat.
|
-
Menunaikan
Rukun Islam dengan bersungguh-sungguh
-
Melaksanakan
perintah-Nya
-
Menghindari
larangan-Nya
-
Berbicara
dengan niat baik
-
Jujur,
terpercaya
-
Bertanggung
jawab atas tindakan yang dilakukan
-
Rajin
belajar, mengeksploitasi alam
-
Menghargai
waktu, disiplin, tidak menunda pekerjaan.
-
Tangguh,
pantang menyerah
-
Luwes,
terbuka
-
Gaya
hidup seimbang antara tubuh, pikiran, perasaan.
|
-
Melalui
pengamatan
-
Penilaian
diri sendiri
|
5x2 jam pelajaran
|
Qur’an dan Sunnah
|
PEMBINAAN POLA PIKIR
DAN SIKAP MENTAL TERCERAHKAN
PEDOMAN
|
SUMBER
BELAJAR
|
BAHAN
AJAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
PEMBELAJARAN
|
BUDI
PEKERTI
|
EVALUASI
|
Al Anfal (8) : 22
Bani Israil (17) : 36
Al Hajj (22): 46
Al Mujadilah
(58) : 11
Huud (11): 61
Al Ashr (103) :1-3
Al Baqarah (2) : 143
Hadits
Al Mu’minuun (23):81
Saba (34) : 28
|
Buku Revitalisasi PAI
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
|
Pola pikir dan sikap mental
tercerahkan
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
|
1x2 Jam pelajaran
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
IDEM
|
Menjelaskan bahwa tugas
Rasulullah adalah memerangi kebodohan kaum kafir Quraisy.
Menjelaskan bahwa kita harus
bersikap kritis, tidak ikut-ikutan.
Menjelaskan perlunya sikap
terbuka dan luas demi kemajuan.
Menjelaskan pentingnya
pengetahuan agar hidup menjadi mudah.
Menjelaskan bahwa kita dilarang
menyembah alam tetapi mengeksplorasinya.
Menjelaskan bahwa kita harus
memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
Menjelaskan pentingnya hidup
secara seimbang
Menjelaskan bahwa orang paling
baik adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya.
Menjelaskan bahwa roda
kehidupan berjalan semakin cepat, tidak boleh ketinggalan zaman.
Menjelaskan bahwa pada era
globalisai, kita harus memiliki wawasan Universal.
|
-
Rasional
bukannya irrasional
Menggunakan akal
sehat
Tidak mempercayai
ketahayulan
-
Kritis
bukannya fanatik buta
Terbuka bukannya
jumud.
-
Luwes,
bijak dan terbuka
-
Memanfaatkan
sumber daya alam.
-
Tidak
menunda pekerjaan dan mendahulukan yang penting.
-
Mengeksplorasi
sumber daya alam
-
Menghargai
waktu, bukannya menyia-nyiakan.
-
Menganut
gaya hidup seimbang.
-
Peduli
kepada sesama manusia.
-
Berorientasi
ke masa depan, bukannya pada tradisi yang sudah usang.
-
Memiliki
wawasan internasional.
|
-
Uraian
-
Jawaban
singkat
IDEM
IDEM
|
0 komentar:
Posting Komentar