Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
singoprono-mantup, lamongan-jatim, Indonesia

Blogger templates

RSS

kurikulum PAI sekolah dasar




PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR


Al Alaq
1 – 5
















Ali Imran (3) :132

QUR’AN
Membaca Hijaiyah
Huruf Qarib Tunggal Fathah, Kasrah, Dhammah Huruf Gharib Tunggal



AQIDAH
Beriman kepada Allah
Allah Maha Pengasih dan Penyayang



Mengagumi sifat nabi Muhammad

IBADAH
Syahadat


-    Menyanyikan lagu-lagu BMQDG secara klasikal, kelompok, individual, estafet.
-    Tugas rumah : Menulis huruf-huruf yang sudah diajarakan .
-    Menerapkan Tutor sebaya.




Menyanyikan lagu-lagu :
-    “Terbayang Kuasa-Mu”
-    “Allah”
Mengamati ciptaan Allah diluar kelas
-    “Al Amin”
Memperhatikan poster bergambar “Ciptaan Allah”.

Menyanyikan lagu  :
-    “Aku Bersaksi”
-    Melafalkan dua kalimah syahadat

Bisa membaca aksara tunggal hijaiyah dengan fasih secara klasikal, kelompok, estafet.
Bisa menulis huruf hijaiyah






-    Bisa menjelaskan bahwa Allah itu ada
-    Bisa menyebutkan ciptaan Allah
-    Bisa menjelaskan sifat Nabi Muhammad sebelum diangkat menjadi Rasul.


Bisa mengucapkan
dua  kalimah syahadat dan hafal terjemahannya




-    Suka belajar membaca Qur’an dirumah atau sekitar rumahnya.
-    Percaya diri
-    Kecakapan bekerja sama
-    Bertanggung jawab
-    Menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.


-    Meyakini keberadaan Allah
-    Taat beribadah padaNya
-    Mensyukuri nikmat Allah atas karunian-Nya.
-    Meneladani sifat Nabi Muhammad yang amanah.


Beriman kepada Allah Mencintai dan meneladani Nabi Muhammad saw.

-    Bernyanyi

-    Portofolio penulisan Hijaiyah





-    Bernyanyi

-    Jawaban singkat





-    Bernyanyi

-    Jawaban singkat

30 x 2 Jam pelajaran








2 x 2


2 x 2

2 x 2



2 x 2


BUKU  &  VCD
Belajar Membaca Qur’an Dengan Gembira Jilid I





Buku PAI Jilid I
Buku Rukun Iman
VCD Tembang Aqidah




BUKU
Rukun Islam
VCD
Tembang Ibadah
PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

Al – An’aam (6) : 54


Taa’ Haa (20) : 114




Bani Israil (17) : 24
Doa sehari-hari
Salam



Doa sebelum belajar

Doa sesudah belajar

Doa bagi orang tua

Doa sebelum makan

Doa sesudah makan

Etika didalam keluarga


Menyanyikan lagu :
-    Salam


Menyanyikan lagu doa sebelum belajar

Menyanyikan lagu doa sesudah belajar

Menyanyikan lagu “ Doa bagi kedua orang tua “

Menyanyikan lagu doa sebelum makan.

Menyanyikan lagu doa sesudah makan

Menjelaskan etika didalam keluarga

Bisa mengucapkan salam dan hafal terjemahannya.
Bisa menjelaskan etika dalam mengucapkan salam.
Bisa melafalkan doa sebelum belajar dan memahami artinya.

Bisa melafalkan doa sesudah belajar dan memahami artinya.




Bisa melafalkan doa sebelum makan dan memahami artinya.

Bisa melafalkan doa sesudah makan dan memahami artinya.

Terbinanya suasana keluarga yang Islami.





Terbiasa mengucapkan salam.
Mengamalkan
Senyum Sopan Salam Sapa.

Terbiasa berdo’a sebelum belajar
Dan sopan terhadap guru dan teman

Terbiasa berdo’a sesudah belajar


Sopan dan senantiasa mendoakan orang tua.

Sopan ketika makan bersama.


Membantu membenahi meja makan


Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.


-    Bernyanyi
-    Jawaban singkat

-    Bernyanyi
-    Jawaban singkat



-    Bernyanyi.
-    Jawaban singkat
-    Bernyanyi
-    Jawaban singkat
-    Dramatisasi
-    Jawaban singkat


2 x 2



2 x 2


2 x 2


2  x 2


2 x 2


2 x 2


2 x 2


-BUKU Doa   Sehari-hari
-VCD
Nada dan Doa





PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR


Al Baqarah (2) : 30 – 39
Al Maidah (5) : 27 – 31

Maryam
56 – 57

Asy Syu’ara
105 – 122




Asy Syu’ara
123 – 140


Asy Syu’ara
141 – 159

Asy Syu’ara
192 – 227
KISAH
RASUL-RASUL
Nabi Adam




Nabi Idris


Nabi Nuh





Nabi Hud



Nabi Shalih


Nabi Muhammad


Bercerita kisah Adam dan Hawa
Kasus Qabil dan Habil


Menceritakan kisah Nabi Idris

Menceritakan kisah Nabi Nuh




Menceritakan kisah Nabi Hud


Menceritakan kisah Nabi Shalih

Menceritakan kisah Nabi Muhammad sebelum menjadi Rasul.


Bisa menceritakan kisah Adam dan Hawa.
Bisa menceritakan kasus Qabil dan Habil

Bisa menceritakan kisah Nabi Idris.


Bisa menceritakan kisah Nabi Nuh dan menjelaskan hikmahnya serta cara meneladaninya



Bisa menceritakan kisah Nabi Hud dan menjelaskan hikmahnya dan cara meneladaninya

Bisa menceritakan kisah Nabi Shalih dan menjelaskan hikmahnya dan cara meneladaninya
Bisa menceritakan kisah Nabi Muhammad dan menjelaskan hikmahnya dan cara meneladaninya


Jangan rakus.
Jangan sombong seperti Iblis.
Sayangilah saudaramu dan jangan membunuh.

Shidiq-Amanah-Fathanah-Tabligh


-    Tidak menyembah selain Allah.
-    Melaksanakan perintahNya, jauhi laranganNya, istiqomah, tawakal
-    Patuhilah nasehat orang tuamu.
-    Beriman dan bertaqwa

Meningkatnya keimanan dan ketakwaan serta kualitas moral.



-Meningkatkan keimanan, ketakwaan dan ketaatan beribadah


-Jujur dan dapat dipercaya


-    Bercerita
-    Jawaban singkat


-    Bercerita
-    Jawaban singkat
-    Bercerita .
-    Jawaban singkat



-    Bercerita
-    Jawaban singkat

-    Bercerita
-    Jawaban singkat





3 x 2




1 x 2


2 x 2





2 x 2



2 x 2



2 x 2


Buku Kisah
Nabi dan Rasul



Buku kisah Nabi dan Rasul

Buku kisah Nabi dan Rasul

Buku kisah Nabi dan Rasul

Buku kisah Nabi dan Rasul
Buku Riwayat Naabi Muhammad
PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR


Al Alaq
1 – 5

















Ali Imran (3) :132

Al Fatihah

QUR’AN
-Huruf Sambung
-Huruf Qarib Bersambung

-Huruf Gharib Bersambung
-Tanwin Sukun
Tasydid

AQIDAH
Rukun Iman



Beriman kepada Malaikat

IBADAH
Rukun Islam


Perintah Sholat
Fatihah


Menyanyikan lagu-lagu BMQDG jilid II secara klasikal, kelompok, individual estafet.
Pekerjaan rumah :
Menulis huruf-huruf yang sudah diajarakan .




Menyanyikan lagu-lagu “Rukun Iman”


Menyanyikan lagu-lagu “Malaikat-malaikat”


Menyanyikan lagu
“Rukun Islam”,

Menyanyikan lagu-lagu :
-    “Tegakkan Sholat”
-    “Al Fatihah”

-Bisa membaca huruf sambung dengan fasih.
-Bisa menulis huruf sambung.
-Bisa membaca huruf berharakat tanwin.
-Bisa membaca huruf yang berharakat tanwin, sukun dan tasydid.


Bisa menyebutkan Rukun Iman yang enam.


Bisa menyebutkan nama-nama 10 malaikat dan tugas yang diembannya.

Bisa menyebutkan Rukun Islam yang lima.

Menyebutkan banyaknya rakaat shalat wajib.
Melafalkan Al Fatihah dan hafal terjemahannya.

Suka belajar membaca Qur’an secara mandiri dengan menonton VCD nya atau dididik anggota keluarga atau ustadz-ustadza disekitar rumah.




Meyakini Allah, Malaikat, Kitab-Kitabnya, Rasul-Rasulnya, Hari Akhir, Taqdir.

-    Suka berbuar kebaikan
-    Takut berbuat dosa
-    Qona’ah
-    Suatu dialog antar peshalat dan Allah S.W.T


-    Meyakini Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Kuasa

-Bernyanyi
-Jawaban singkat
-Portofolio
tugas menulis





Bernyanyi
Jawaban singkat




Bernyanyi
Jawaban singkat


30 x 2 Jam pelajaran








2 x 2



3 x 2



2 x 2



4 x 2


Buku
Belajar Membaca Qur’an Dengan Gembira Jilid II
VCD
Belajar Membaca Qur’an Dengan Gembira



BUKU
Rukun Iman
VCD
Tembang Aqidah
BUKU
Rukun Islam
VCD
Tembang Ibadah


BUKU & VCD
Tuntunan Shalat
Tembang Shalat



PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR















Asy Syu’ara
161 – 175



Asy Syu’ara
69 – 104


Hadits
















Wudhu




Rukuk & Sujud



Iftiros

-    Bimbingan melafalkan Al Fatihah
-    Menjelaskan arti maknanya
-    Menyanyikan lagu Al Fatihah
-    Menjelaskan jawaban Allah terhadap bacaan Al Fatihah.






Mendemonstrasikan cara berwudhu dan melafalkan doa berwudhu.
Menyanyikan lagu “Wudhu”

Menyanyikan lagu “ Maha Mulia”
Melafalkan bacaan Rukuk dan Sujud
Mengajarkan bacaan doa antara dua sujud.
Menyanyikan lagu “Iftiros”
-    Bisa melafalkan al Fatihah dengan benar dan indah.
-    Hafal terjemhan Al Fatihah
-    Menyadari bahwa keabsahan shalat adalah dilafalkannya Al Fatihah.









Bisa berwudhu dengan benar dan melafalkan doanya.



Bisa melafalkan doa Rukuk dan Sujud serta memahami artinya.

Hafal dan bisa melafalkan doa antara dua sujud beserta terjemahannya.
-     Berterimakasih kepada Sang Pencipta, Pemelihara dan Penyempurna.
-    Meyakini Hari Kemudian
-    Berjanji hanya mengabdi dan berharap pada-Nya
-    Memohon bimbinganNya agar bahagia di dunia dan akhirat.
-    Melaksanakan perintahNya menghindari laranganNya.
-    Berpedoman pada Qur’an dan Sunnah agar tidak tersesat selama-lamanya.

-    Mencintai kebersihan jasmani dan kesucian hati.



-    Meyakini bahwa Allah Maha Mulia dan Maha Agung.

-    Memohon Pengampunan, Kemurahan, Pertolongan, Kemuliyaan, Kesehatan.















Bernyanyi
Demonstrasi
Jawaban singkat

Bernyanyi
Demonstrasi
Jawaban singkat
4x2 Jam pelajaran













3x2




3x2



2x2

Buku
Revitalisasi PAI
VCD
Tembang Shalat











BUKU
Tuntunan Sholat
VCD
Tembang Sholat


BUKU
Tuntunan Sholat
VCD
Tembang Sholat

(Idem)



PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR


Yusuf

KISAH
RASUL-RASUL
Nabi Luth



Nabi Ibrahim



Nabi Ismail



Nabi Ishak



Nabi Yakub



Nabi Yusuf



-    Bercerita
-    Uraian


-    Bercerita
-    Uraian


-    Bercerita
-    Uraian


-    Bercerita
-    Uraian


-    Bercerita
-    Uraian


-    Bercerita
-    Uraian


Bisa menceritakan kembali kisah Nabi Luth dan mengetahui cara meneladaninya

Bisa menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim dan mengetahui cara meneladaninya

Bisa menceritakan kembali kisah Nabi Ismail dan mengetahui cara meneladaninya

Bisa menceritakan kembali kisah Nabi Ishak dan mengetahui cara meneladaninya

Bisa menceritakan kembali kisah Nabi Yakub dan mengetahui cara meneladaninya

Bisa menceritakan kembali kisah Nabi Yusuf dan mengetahui cara meneladaninya


-    Tunduk dan taat pada-Nya
-    Takut berbuat maksiat.


-    Anti menyembah berhala.
-    Menggunakan akal sehat.
-    Berani dan istiqomah.

-    Pasrah dan tawakal pada-Nya.


-    Lemah lembut kepada sesama


-    Taat melaksanakan perintah-Nya.

-    Jangan sombong
-    Cintailah saudaramu
-    Takut berbuat maksiat
-    Pemaaf .


Bercerita
Tablo, Pantomin
Dramatisasi
Jawaban singkat.


IDEM



IDEM



IDEM



IDEM




3x2



2x2



1x2



1x2




3x2



Buku
Kisah Nabi dan Rasul

Buku
Kisah Nabi dan Rasul

Buku
Kisah Nabi dan Rasul

Buku
Kisah Nabi dan Rasul

Buku
Kisah Nabi dan Rasul

Buku
Kisah Nabi dan Rasul



PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

Al Alaq
1 – 5








Al Baqarah (2) : 233

Al Baqarah (2) : 137

Saba’ (34) : 50




Hadits

Hadits

Hadits

QUR’AN
Membaca Hijaiyah
Hukum Tajwid  tingkat dasar




AQIDAH
Beriman Kepada Allah
Allah Maha Melihat

Allah Maha Mendengar
Allah Maha Dekat

IBADAH
Tasyahud awal

Tasyahud akhir

Doa Iftitah




Niat

-    Menyanyikan lagu-lagu BMQDG Jilid 3 secara klasikal, kelompok, individual, estafet.
-    Pekerjaan rumah : Menulis huruf-huruf yang sudah diajarkan .



Menjelaskan bahwa Allah Maha Mengetahui
Mengetahui bahwa Allah Maha Mendengar
Menjelaskan bahwa Allah Maha Dekat

-    Melafalkan Tasyahud awal
-    Menyanyikan “Doa Tasyahud”
-    Melafalkan Tasyahud akhir
-    Menyanyikan sholawat
-    Melafalkan dua macam doa iftitah
-    Menyanyikan dua lagu iftitah

-    Niat shalat

-    Bisa membaca aksara hijaiyah dengan benar, mengikuti hukum tajwid
-    Bisa menulis huruf-huruf yang sudah diajarkan dengan indah dan sempurna.




-    Mengetahui bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Mendengar dan Maha Dekat.
-    Sabar dan qonaah



-    Hafal bacaan Tasyahud awal beserta terjemahannya.
-    Hafal bacaan Tasyahud akhir berserta terjemahannya.
-    Hafal dua macam bacaan iftitah beserta terjemahannya.



Bisa melafalkan niat


-    Belajar dengan penuh semangat dan senang.
-    Percaya diri, bisa bekerja sama dan memimpin kegiatan sebagai dirigen





-    Suka berbuat kebaikan
-    Takut berbuat dosa
-    Suka berbuat kebaikan
-    Takut berbuat dosa



-    Bersyukur atas nikmat Allah SWT
-    Mencintai Rasulullah
-    Mencintai orang-orang shaleh
-    Merasa mantap sebagai muslim sejati


-    Menunaikan shalat dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh

-    Simulasi
-    Portofolio
-    Jawaban singkat






-    Lisan
-    Tulisan
-    Uraian
-    Jawaban singkat


-    Penilaian orang tua
-    Berjamaah
-    Tepat waktu
-    Tidak tepat waktu
-    Jarang
-    Tidak sholat



30 x 2 Jam pelajaran







2x2






4 x 2

4x2








BUKU
B M Q D G Jilid 3
VCD
B M Q D G  Volume 3




Qur’an dan terjemahan-nya




Buku Shalat
VCD Tembang Shalat



Al A'raaf (7) :
103 – 138









KISAH
RASUL-RASUL
Nabi Ayub



Nabi Zulkifli

Nabi Syuaib

Nabi Musa dan Nabi Harun



Menjelaskan Rasul-Rasul yang menerima Kitab-kitab, dan menyanyikan lagu “ Kitabullah”.


Bercerita
Tanya jawab
Bercerita
Tanya jawab



Bisa menceritakan kembali Nabi Ayub


Bisa menceritakan kembali Nabi Zulkifli
Bisa menceritakan kembali Nabi Syuaib
Bisa menceritakan kembali Nabi Musa dan Nabi Harun



-    Tabah dan sabar menghadapi ujian dari Allah

-    Hanya menyembah Allah Yang Esa
-    Peduli kepada sesama

-    Istiqomah

















4x2











Qur’an dan terjemahan-nya
VCD Tembang Aqidah







PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Al  Ikhlas



An Naas





Al Falaq



Al Ashr



Al Ma’uun





Surat Al Ikhlas




Surat An Naas

Latihan mempraktekkan Belajar Membaca Surat Al Ikhlas
Mendeklamasikan puisi “Keesaan” secara klasikal, kelompok dan individual.

Latihan mempraktekan Belajar Membaca Surat An Naas
Mendeklamasikan puisi
“ Manusia”




Latihan mempraktekan Belajar Membaca Surat Al Falaq
Mendeklamasikan puisi
“ Cahaya Subuh”

Latihan mempraktekan Belajar Membaca Surat Al Ashr
Mendeklamasikan puisi
“ Demi Masa”

Latihan mempraktekan Belajar Membaca Surat Al Ma’uun
Mendeklamasikan puisi
“ Mengulur Tangan”
Pembelajaran surat-surat tersebut disertai penjelasan mengenai hukum tajwid tingkat lanjutan.
Bisa membaca Al Ikhlas dengan benar dan indah.
Hafal Surat  Al Ikhlas beserta terjemahannya.



Bisa membaca An Naas dengan benar dan indah.
Hafal Surat  An Naas beserta terjemahannya.



Bisa membaca “Al Falaq” dengan benar dan indah



Bisa membaca Al Ashr  dengan benar dan indah.
Hafal Surat  Al Ashr beserta terjemahannya.


Bisa membaca Al Ma’uun dengan benar dan indah.
Hafal Surat  Al Ma’uun beserta terjemahannya.




-    Yakin bahwa Allah Maha Esa
-    Hanya berharap kepada Allah SWT




-    Hanya berlindung kepada Allah SWT
-    Yakin bahwa Allah adalah Raja dan Tuhan manusia
-    Mewaspadai godaan Jin dan manusia

-    Hanya berlindung kepada Allah
-    Anti ke dukun
-    Tidak dengki dan iri


-    Menghargai waktu
-    Suka berbuat kebajikan
-    Menasehati dan mengingatkan dengan niat baik.


-    Menunaikan shalat dengan ikhlas
-    Menganjurkan menyantuni kaum dhuafa
-    Hafalan
-    Uraian


-    Hafalan
-    Uraian



-    Hafalan
-    Uraian


-    Hafalan
-    Uraian



-    Hafalan
-    Uraian

5x2 jam pelajaran





5x2 jam pelajaran



5x2 jam pelajaran


5x2 jam pelajaran




5x2 jam pelajaran
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an

Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an



Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an

Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an

Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an




PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR



Al Jaatsyiyah (45) : 20



HR.Bukhari Muslim


Al A’raf (7) :

Syarah As Sunnah




Muhammad(47) :  24


HR. Anas Malik


HR. Abu Dawud &
Tirmidzi


Ash Shaf (61) : 3
AQIDAH
Beriman kepada Kitabullah
Pedoman Hidup



Belajar Membaca Qur’an

Mendengar bacaan Qur’an

Menghafal Qur’an



Memahami Qur’an





Dilarang membaca Qur’an dengan tergesa





Menjelaskan bahwa kita harus berpedoman Qur’an agar bahagia di dunia dan akhirat.


Barang siapa mahir membaca Qur’an akan didampingi para malaikat yang suci dan mulia.

Apabila Qur’an dibacakan, dengarkan dengan seksama, agar kamu mendapatkan rahmat.
Hafalkan Qur’an karena Allah tidak mengazab pada hati yang berisi Qur’an.
Menjelaskan keharusan memahami isi kandungan Qur’an.

Banyak orang membaca Qur’an, tetapi justru Qur’an itu sendiri yang mengutuknya karena tidak memahami maknanya.
Siapa yang mengkhatamkan Qur’an kurang dari tiga hari tidak bakal memahami maknanya.

Menjelaskan bahwa Allah membenci terhadap orang yang mengucapkan tetapi tidak mengamalkannya





Mengetahui bahwa Qur’an adalah pedoman hidup agak tidak tersesat.


Pentingnya ketrampilan membaca Qur’an.


Mengetahui manfaat untuk mendengarkan bacaan Qur’an.

Mengetahui manfaat menghafal Qur’an.

Mengetahui manfaat untuk memahami Qur’an.

Mengetahui resiko bila tidak memahami apa yang dibacanya.

Mengetahui resiko membaca Qur’an dengan tergesa.

Mengetahui bahwa Allah murka bila tidak mengamalkan Al Qur’an  apa yang kita ucapkan.



-    Memahami, menghayati dan mengamalkan Qur’an.
-    Rajin belajar membaca Qur’an.

-    Mendengarkan bacaan Qur’an dengan sungguh-sungguh.




-    Senang menghafal Qur’an

-    Berusaha bisa memahami Qur’an.





-    Membaca Qur’an dengan tidak tergesa.

-    Berusaha mengamalkan setiap ayat Qur’an yang dibacanya.



-    Unjuk kerja
-    Pengamatan dan tes lisan
-    Tes hafalan
-    Uraian
-    Uraian
-    Pengamatan
-    Pengamatan



4x2



Buku Rukun Iman
VCD Tembang Aqidah

Lagu “Qur’an diturunkan”
PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR


Huud (11) :1 20

Al Hajj (22) : 49



Al Ahzab (33) : 7

Ali Imran (3) : 132

Al An’am (6) : 89


Hud (11) : 84 – 94

Beriman kepada Rasulullah
Allah mengutus Rasul
Tidak semua Rasul tertera di Qur’an
Tugas Rasulullah

Tugas Rasulullah

Tugas Rasulullah


Ulul Azmi


Taat kepada Allah dan Rasul
Rasul yang mendapat Kitab



Allah mengutus RasulNya kepada setiap umat
Tidak semua Rasul  tertera dalam Qur’an.
Menjelaskan bahwa para Rasul menyampaikan amanatNya.
Rasul untuk memperteguh keimanan.
Menjelaskan bahwa tugas Rasul adalah mengingatkan manusia.
Menjelaskan kelebihan Rasul yang istiqomah.

Kita harus tunduk dan taat kepada Allah dan Rasul.
Menjelaskan  Rasul yang menerima Kitab
Menyanyikan lagu “:
-    Sifat Rasulullah
-    Kitabullah



-    Allah Maha Adil kepada setiap umat.
-    Tidak semua Rasul tertera dalam Al Qur’an
-    Bisa menjelaskan tugas-tugas Para Rasul





Bisa menyebutkan Rasul-Rasul bergelar Ulul Azmi dan kelebihannya.
Menyadari bahwa kita harus tunduk dan taat kepada Rasulullah.
Bisa menyebutkan nama Rasul-rasul beserta kitab-kitab yang diterimanya.



-    Menyadari bahwa Allah bersikap adil bagi setiap umat manusia.
-    Meneladani Rasulullah untuk menyampaikan risalah-Nya.
-    Meneladani Rasulullah untuk mengingatkan manusia.


-    Shodiq-Istiqomah-Fathanah-Amanah_Tabligh (SIFAT).
-    Tunduk dan taat kepada Rasulullah
-    Menghargai kitab-kitab yang diwahyukanNya kepada para Rasul.



-    Lisan
-    Tulisan
-    Uraian
-    Jawaban singkat


8x2





2x2
















PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR















Shaad  (38) :
17-30
An Naml (27) : 16-25
Ash Shaffaat (37) : 140-147
Ali Imran (3) : 12-15
Maryam (19) : 12-15
Ali Imran (3) : 45-49
Maryam (19) : 27-32
IBADAH
Adzan dan Iqamat


Doa sesudah sholat

Doa sebelum tidur

Doa sesudah tidur


KISAH RASUL
Daud

Sulaiman

Ilyas dan Ilyasa

Yunus

Zakaria dan yahya


Isa

Berlatih  menyuarakan adzan dan Iqamat dengan indah.
Menyanyikan lagu “Panggilan Suci”
Menyanyikan lagu :
Tasbih-Tahmid-Tahlil-Takbir.

Melafalkan doa sebelum tidur
Menyanyikan lagu doa sebelum tidur.
Melafalkan doa sesudah tidur
Menyanyikan lagu sesudah tidur.

Menceritakan kisah nabi Daud

Menceritakan kisah nabi Sulaiman

Menceritakan kisah nabi Ilyas dan Ilyasa
Menceritakan kisah nabi Yunus

Menceritakan kisah nabi Zakaria dan Yahya

Menceritakan kisah nabi Isa


Bisa menyuarakan adzan dengan indah
Bisa menjawab seruan adzan
Hafal melafadzkan Tasbih, Tahmid, Tahlil, Takbir.

Hafal doa sebelum dan sesudah tidur beserta terjemahannya.



Bisa menceritakan kembali kisah nabi Daud
Bisa menceritakan kembali kisah nabi Sulaiman
Bisa menceritakan kembali kisah nabi Ilyas dan Ilyasa
Bisa menceritakan kembali kisah nabi Yunus
Bisa menceritakan kembali kisah nabi Zakaria dan Yahya
Bisa menceritakan kembali kisah nabi Isa

Shalat tepat pada waktunya.
Disiplin, menghargai waktu.
Semangat meraih kesuksesan



Memuji, mensyukuri, meyakini dan mengagungkan Allah SWT



-  Berani karena benar
-  Semangat berpuasa
-  Arif dan bijaksana



-  Tidak putus asa dalam berdakkwah
-  Berani dan tawakal

-  Membela ibunda
-  Penuh kasih saying
-  Berani dan istiqomah

Demonstrasi

Hafalan
Bernyanyi


Bernyanyi
Hafalan




Bercerita
Tablo
Pantomim
Demonstrasi
Jawaban singkat

4x2


3x2

3x2

3x2




2x2

2x2

2x2

2x2

2x2


2x2

Buku tuntunan shalat

Buku doa sehari-hari
VCD
Tuntunan Sholat
Nada dan Doa




Buku kisah Nabi dan Rasul

PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

Ad Dukhan
(44) : 51-56
An Nissa’ (4) : 36


Al Anfal (8) : 58
Al Maidah (5) : 2

Al Maidah (5) : 1
Al Imran (3) : 134
Al Baqarah (2) : 262
An Nisaa’ (4) : 148

Al Furqan (25) 72
Al Mutaffifin (83) 12
Al Falaq (113) 51
Al Baqarah (2) 191
An Nisa’(4) 36
Al Maidah (5) 3
Al Maidah (5) 38
AKHLAK
Beramal kebajikan













Sifat Tercela
Bohong


Dengki/iri
Fitnah

Sombong
Makanan haram
Mencuri


-    Menjelaskan balasan bagi yang beramal kebajikan
-    Memberikan nasihat bahwa apa yang kita lakukan terhadap orang lain, sama halnya dengan melakukan pada diri kita sendiri










-    Menjelaskan  beberapa sifat tercela dan akibatnya bagi yang melakukan




Bisa menjelaskan  :
-    Berbagai amal kebajikan
-    Bagi yang mengamalkan, mulia dihadapan Allah dan manusia











-    Bisa menjelaskan berbagai perbuatan tercela
-    Bagi yang melakukan hina didepan Allah dan manusia


Suka berbuat kebajikan

-    Berbuat baik bagi orang tua, kerabat, tetangga, teman akrab, fakir miskin.
-    Jujur, dan bias dipercaya
-    Bekerja sama dalam kebaikan
-    Senantiasa memenuhi janji
-    Pemaaf

-    Peduli kepada sesame

-    Berlomba dalam beramal kebajikan

-    Tidak melakukan perbuatan keji dan munkar
-    Tidak pembohong, curang, iri/dengki, memfitnah, sombong, mencuri dan mengkonsumsi makanan dan minuman haram, merokok dan menghisap narkoba..

-    Pengamatan
-    Lisan
-    Tulisan
Jawaban singkat



3 x 2


Qur’an dan terjemahan-nya


PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR



An Naml
(27) : 87
Al Qoriah (10) : 1-11
Al Hajj
(22) : 5-7
Al Qalam (68) : 34
Al Baqarah (2) : 81




Al Baqarah (2) : 110, 177
At Taubah (9) : 60
At Taubah (9) : 103
Al Ma’arij (70) : 24-25


Hadits


Al Baqarah (2) : 183-185
Hadits
AQIDAH
Beriman Pada Hari Akhir
Tanda kiamat

Hari kiamat

Hari kebangkitan

Surga

Neraka



IBADAH
Wajib zakat
Perintah menunaikan zakat
Yang berhak menerima zakat
Hakekat zakat

Hak si miskin



Zakat fitrah

Perintah Berpuasa
Wajib puasa




-Menjelaskan datangnya Hari Kiamat
-Menjelaskan yang terjadi pada hari kiamat
-Menjelaskan dibangkitkannya manusia dari mati
-Menjelaskan bahwa orang yang bertakwa menghuni surga
-Menjelaskan bahwa para pendosa menghuni neraka
-Menyanyikan lagu “ Surga dan Neraka”


Menjelaskan perintah menunaikan zakat
Menjelaskan mereka yang berhak menerima zakat
Menjelaskan bahwa zakat membersihkan harta
Menjelaskan adanya hak orang miskin pada harta orang kaya
Menyanyikan lagu-lagu “Zakat “ dan “Shodaqoh”
Menjelaskan watu dibaikannya zakat fitrah.

Menjelaskan perihall puasa wajib.
Menyanyikan lagu-lagu :
-    Ibadah puasa
-    Doa berbuka puasa



Mengetahui tanda ditiupnya  terompet kiamat.
Bisa menjelaskan peristiwa pada hari kiamat.
Bisa menjelaskan peristiwa kebangkitan dari mati.
Bisa menjelaskan syarat menjadi penghuni surga
Bisa menjelaskan perilaku penghuni neraka




Bisa menjelaskan yang wajib zakat dan menerima zakat.


Bahwa zakat untuk membersihkan harta
Bahwa didalam harta si kaya terdapat hak si miskin


Mengetahui waktu pembagian zakat fitrah.

Mengetahui :
-    Tata cara berpuasa
-    Hari-hari dilarang berpuasa
-    Perilaku tatkala berpuasa




-   Takut berbuat dosa
-   Suka beramal kebajikan
-   Takut berbuat dosa
-   Suka berbuat kebajikan
-   Takut berbuat dosa
-   Suka beramal kebajikan
-   Takut berbuat dosa
-   Suka berbuat kebajikan
-   Takut berbuat dosa
-   Suka beramal kebajikan




-   Peduli kepada teman yang miskin
-   Suka bersedekah uang, ilmu, tenaga, nasihat, doa dan senyuman.
-   Mengurus panitia zakat disekolah dan dilingkungannya.


-   Suka membantu mengumpulkan dan membagi zakat fitrah.
-   Bertakwa
-   Merasa empati kepada kaum dhuafa
-   Tangguh, ulet secara fisiologis
-   Berdoa sehabis berbuka



Pengamatan
Lisan
Tulisan
Jawaban singkat










Pengamatan
Lisan
Tulisan
Jawaban singkat



3x2 jam pelajaran












4x2 jam pelajaran








4x2 jam pelajaran



Qur’an dan terjemahannya
Hadits











Qur’an dan terjemahannya
Hadits





PEDOMAN
SEJARAH
PERADABAN ISLAM
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
 Al Quraish



Al Fill



Al Qadr








Al Alaq : 1-5



Al Baqarah (43) : 43
Al Kafirun

Peradaban Jahiliyah



Hancurnya pasukan gajah



Kisah dilantiknya Nabi .Muhammad sebagai Rasulullah





Kisah diwahyukannya ayat-ayat yang pertama kali diwahyukan


Perintah melaksanakan shalat
Berdakwah secara terang-terangan
Menjelaskan profesi kejakinan dan tingkah laku Kaum Quraish.
Mendeklamasi puisi “ Kaum Quraish
Menyanyikan lagu “Muhammad Penyelamat Dunia”

Menceritakan kisah hancurnya pasukan gajah
Mendeklamasikan puisi “Pasukan Gajah”
Praktek belajar membaca surat Al Qadr
Menceritakan kisah dilantiknya Nabi Muhammad sebagai Rasulullah
Mendeklamasikan puisi “Malam Keagungan”
Menyanyikan lagu “Al Qur’an diturunkan”
Latihan membaca surat Al Alaq
Mendeklamasikan puisi :Al Alaq“
Menjelaskan surat Al Alaq 1-5



Praktek belajar membaca “Al Kafirun”
Mendeklamasikan puisi “Orang-orang Kafir”
Bisa menjelaskan keyakinan perilaku dan profesi kaum kafir Quraish.
Hafal surat Al Quraish dan terjemahannya
Bisa menceritakan kembali kisah pasukan gajah
Hafal surat Al Fill beserta terjemahannya.
Bisa membaca surat Al Qadr dengan benar dan indah.
Hafal surat Al Qadr  beserta terjemahannya.




Bisa membaca Al Alaq 1-5 dengan benar dan indah. Hafal surat beserta terjemahannya.



Bisa membaca surat Al Kafirun dengan benar dan indah.
Hafal surat beserta terjemahannya
-    Menyembah Allah SWT
-    Tidak melakukan perbuatan tercela
-    Pandai berterimakasih atas karunia Ilahi.

-    Meyakini keperkasaan Allah SWT
-    Pasrah dan taakal pada-Nya.


-    Meyakini Nabi Muhammad sebagai Rasulullah
-    Qur’an sebagai pedoman hidup




-    Suka membaca dan mempelajari Qur’an




-    Taat menunaikan shalat


-    Tidak mencampuradukkan antara yang hak dan batil.
-    Toleran terhadap penganut agama lain.
-    Hafalan
-    Uraian



-    Hafalan
-    Uraian




-    Hafalan
-    Uraian



-    Hafalan
-    Uraian


-    Hafalan
-    Uraian

-    Hafalan
-    Uraian
5x2
Jam pelajaran


5x2
Jam pelajaran


5x2
Jam pelajaran





3x2
Jam pelajaran


2x2
Jam pelajaran
5x2
Jam pelajaran
Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an





Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an




Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an

Qur’an


Puitisasi Terjemahan Al Qur’an





PEDOMAN
SEJARAH PERADABAN ISLAM
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Al Lahab



Al Kautsar



Al Hajj (22) :
58-62




At Taubah (9): 122

Al Baqarah (2): 143
Al Baqarah (2): 183
Ali Imran (3) :121-127

Ali Imran (3): 152-155



Al Ahzab (33) :9-27

Al Baqarah (2): 216


Ali Imran
(3) : 110
An Nashr
Dimusuhi para kerabatnya, paman dan bibinya.



-    Putranya meninggal dunia
-    Diejek kaum kafir Quraish
-    Dianggap putus turunan


-    Perintah hijrah ke kota Madinah
-    Mendirikan masjid Nabawi
-    Mempersatukan kaum Anshar dan Muhajirin
-    Mempersatukan kaum Yahudi, Nasrani, Muslim.


-    Mendirikan lembaga pendidikan Ash Shuffah



-    perubahan arah kiblat


-    Perintah berpuasa

-    Pertempuran badar
-    Para tawanan perang badar diperintah mengajarkan baca tulis

-    Pertempuran Uhud




-    Pertempuran Ahzab atau Khandaq.


Perjanjian Hudaibiyah




Pengirim an surat kepada raja-raja.

Menaklukkan kota Makkah
Latihan mempraktekan Belajar Membaca Surat Al Lahab
Mendeklamasikan puisi
 “ Api Bergejolak”

Latihan membaca surat Al Kautsar dan mendeklamasikan terjemahannya:
Kebajikan Berlimpah”


Menjelaskan kisah hijrah ke kota Madinah







Berdiskusi mengenai pentingnya pendidikan agama








Menceritakan latar belakang dan jalannya pertempuran
Menyanyikan “Shalawat Badar”
Menceritakan latar belakang pasukan Muslim hampir terkalahkan.
Menceritakan latar belakang jalannya pertempuran.


Menceritakan kisah kaum Quraisy dan kaum Yahudi bertempur melawan kaum muslimin
Menceritakan kebijakan Rasulullah untuk menerima perjanjian Hudaibiyah.
Diskusi dan Tanya jawab
Menceritakan upaya Rasulullah mengajak raja-raja ke dalam Islam.
Diskusi dan Tanya jawab
Menceritakan penaklukkan Kota Mekah.
Mendeklamasikan surat An Nashr.
Bisa membaca Al Lahab  dengan benar dan indah.
Hafal Surat  Al Lahab beserta terjemahannya

Bisa membaca Al Kausar dengan benar dan indah, hafal dan memahami terjemahannya.


Bisa menceritakan kembali kisah hijrah kaum muslimin ke Madinah
Bisa menjelaskan strategi kegiatan Rasulullah dalam mempersatukan masyarakat yang berbeda agama, kabilah dan tingkat sosial.

Mengetahui fungsi Ash Shuffah


Bisa menceritakan kisah perubahan arah kiblat.


Bisa menceritakan kisah pertempuran Badar.
Allah menurunkan malaikat untuk membantu kaum Muslim.
Bisa menceritakan jalannya pertempuran di bukit Uhud yang
hampir terkalahkan.

Bisa menceritakan kisah pasukan sekutu (kafir Quraisy dan kaum Yahudi) melawan kaum Muslim.
Mengetahui mengenai apa, mengapa dan bagaimana perihal perjanjian Hubaibiyah.


Mengetahui upaya Rasulullah mengajak raja-raja ke dalam Islam melalui surat-surat.
Bisa melafalkan surat An Nashr dengan benar dan indah
Hafal surat An Nashr beserta terjemahannya.
Istiqomah



-    Rajin shalat
-    Rela berkorban
-    Tawakal


-    Cerdas menghadapi situasi
-    Bijaksana
-    Masjid sebagai pusat kegiatan umat Islam
-    Ukhuwah Islamiyah
-    Ukhuwah Insaniyah
-    Menyadari pentingnya keutuhan NKRI dengan meneladani strategi Rasulullah.
-    Mengannggap pentingnya pendidikan agama.


-    Bercita-cita menunaikan ibadah haji.

-    Motivasi berpuasa

-    Memiliki semangat berjuang, berkorban harta dan nyawa.

-    Tidak terpesona godaan material
-    Tunduk dan taat pada pimpinan


-    Senantiasa berdoa memohon pertolongan-Nya.
-    Pantang menyerah dan yakin pertolongan Allah

-    Mengalah untuk menang.



-    Motivasi untuk mengajak menjadi Muslim
-    Rela memaafkan mereka yang memusuhi.
-    Hafalan
-    Uraian




-    Deklamasi
-    Hafalan
-    Portofolio
-    Jawaban singkat

-    Bercerita
-    Jawaban singkat
-    Portofolio




-    Bercerita secara lisan
-    Portofolio menulis cerita

(Idem)


(Idem)

-    Bercerita
-    Portofolio penulisan cerita
-    Jawaban singkat




-  Lisan
-  Tulisan
-  Jawaban singkat

-  Lisan
-  Tulisan
Jawaban singkat

(Idem)


-  Lisan
-  Tulisan
Jawaban singkat

5x2
Jam pelajaran


5x2
Jam pelajaran

3x2
Jam pelajaran




2x2
Jam pelajaran

2x2
Jam pelajaran


Qur’an
Puitisasi Terjemahan Al Qur’an

Qur’an
Puitisasi Terjemahan Juz ‘Amma
Buku Riwayat Hidup Rasulullah

Buku Riwayat Hidup Rasulullah



Idem



Idem


Idem


Idem



Idem










PEDOMAN
BAHAN AJAR
PEMBELAJARAN
HASIL BELAJAR
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR



Al – Qomar
(53) : 39

Al – Qomar
(53) : 39


Insyiqaq
(84) : 19

Asy Syura
(42) : 12


Ath Thalaq
(65) : 2 – 3


Al A’raaf
(7) : 205
BERIMAN KEPADA TAQDIR

Bakat dan potensi


Rajin belajar berusaha dan berdoa


Sikap mental positif



Allah pembagi rezeki



Rezeki bagi yang bertakwa


Profesi saling sinergi



Menjelaskan hubungan antara surat terkait dengan bakat dan potensi manusia
Menjelaskan bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan rajin belajar, bekerja dan berdo’a menyayikan lagu
Rajin berdoa berusaha
Memberikan nasihat agar senantiasa meningkatkan kecerdasannya

Memberikan kesadaran bahwa Allah yang melapangkan dan menyempitkan rezeki manusia
Menyanyikan lagu “taqdir “
Memberikan nasihat bahwa bila bertaqwa, Allah memberi rezeki tidak terduga

Memberikan kesadaran bahwa sebagian manusia ditinggikan dari yang lain agar bersinergi.



-    Siswa memahami bakat dan potensinya

-    Menyadari pentingnya berikhtiar

-    Menyadari bahwa kemajuan itu bertingkat – tingkat
-    Menyadari bahwa yang ditentukan allah adalah baik bagi dirinya

-    Senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
-    Mengetahui bahwa Allah menentukan profesi seseorang



-    Memanfaatkan dan menumpuk bakat dan potensinya
-    Rajin belajar dan berdoa


-    Senantiasa berusaha agar hari ini lebih baik dari kemarin
-    Pasrah dan tawakal padanya
-    Tidak sombong bila kaya tidak kecil hati bila miskin

-    Melaksanakan perintah Nya dan menghindari laranganNya

-    Suka bergotong royong dan bersinergi.



-     Pengamatan

-     Partisipasi orang tua

-     Penilaian pribadi

-     Jawaban singkat



3 X 2 Jam pelajaran



Qur’an dan Buku Revitalisasi
PAI




PEMBINAAN SIKAP MENTAL POSITIF
BERDASARKAN PEMAHAMAN ASMA’UL HUSNA
PEDOMAN
ACUAN
PEMBELAJARAN
NILAI DAN KEYAKINAN
APLIKASI REALITAS
EVALUASI
Al – Fatihah (1)

Al – Jin ( 72) : 2

Al – Baqarah (2 )
29 - 33
Al – Hasyr ( 59 )
23
Yaasin (36) : 81

Al – Baqarah (2) :255

An – Nissa’ (4) : 86

Saba’ (34) : 26

Adz – Dzaariyatt(51)
58

Al – Baqarah (2)
163
Al – Malik

Ar – Rosyid

Al – Alim

As – Salam

Al – Kholiq 

Al – Qoyyum

Al – Hasiib

Al – Jami’

Al – Matin


Al –Wahid
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Kuasa
Menasehati agar mampu menguasai diri
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Cerdas
Menasehati agar pandai dan cerdas
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Mengetahui
Menasehati agar haus pengetahuan
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Sejahtera
Menasehati agar berusaha sejahtera
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Pencipta
Menasehati agar kreatif
-      Menjelaskaan bahwa Allah Maha Menegakkan
Menasehati agar bisa mandiri
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Perhitungan
Menasehati agar cermat dan teliti
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Penghimpun
Menasehati agar kerja sama
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Menggenggam Kekuatan
Menasehati agar bersikap tangguh
-      Menjelaskan bahwa Allah Maha Esa
Menasehati agar menjadi nomor satu

Ingin mampu menguasai diri

Ingin pandai dan cerdas

Ingin haus pengetahuan

Ingin hidup sejahtera

Ingin mampu berkreasi

Ingin bisa mandiri

Ingin cermat dan teliti

Ingin pandai bekerja sama


Ingin memiliki sikap yang teguh dan tangguh

Ingin bermental juara
Senantiasa mampu menguasai diri

Selalu pandai dan cerdas

Selalu menambah pengetahuan

Selalu sejahtera

Selalu kreatif

Selalu mandiri

Selalu cermat dan teliti

Selalu bisa bekerja sama


Selalu pantang menyerah


Selalu menjadi juara
Evaluasi diri
Untuk perihal nilai dan keyakinan mengisi kisi – kisi Sangat Baik         3
Baik                     2
Sedikit                  1
Tidak ada             0

Untuk perihal aplikasi kreativitas mengisi kisi – kisi Sangat Baik         3
Baik                     2
Sedikit                  1
Tidak ada             0

ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu keseluruhan
5x2 jam pelajaran




MENJALIN HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN ALLAH
QUR’AN
BUDI PEKERTI
PEMBELAJARAN
WAKTU
EVALUASI
Hud (11) : 123
At Taubah (9) : 4
Al Faihah (11) : 2

Az Zumar (39) : 2

Al Ankabut (29) : 62
Al Jaatsiyah (45) : 20
Al An’aam (6) :162-163
As Saf (61) : 11

Hadits Qudsi
Al Baqarah (2) : 148
Ali Imran (3) : 191

Al Ahqaf (46) : 13
Hanya menyembah Allah Yang Esa
Melaksanakan perintah-Nya dan menghindari larangan-Nya
Senantiasa mensyukuri nikmat-Nya, agar Allah menambahkan karunia-Nya.
Ikhlas, segala yang dilakukan hanya untuk mendapatkan keridhaan-Nya.
Qonaah, dalam keprihatinan namun rendah hati.
Berpedoman kepada Qur’an dan Sunnah.
Tawakal, berserah diri kepada-Nya.
Mujahadah, bersungguh-sungguh dijalan Allah dengan harta dan jiwa.
Berprasangka baik terhadap Allah.
Berlomba-lomba dalam kebajikan.
Dzikirullah, senantiasa mengingat-Nya agar Allah mengingat dirinya.
Istiqomah, berjuang menyebarkan risalah-Nya.
-    Ceramah
-    Tanya jawab
-    Diskusi
5x2 jam pelajaran
-       Tes tulisan
-       Tes lisan
-       Wawancara
-       Jawaban singkat
-       Penilaian sendiri




MEMPERTEGUH KEIMANAN LEWAT MUKJIZAT QUR’AN
PEDOMAN
BIDANG
STUDI TERKAIT
BAHAN AJAR
SUMBER BELAJAR
ALOKASI WAKTU
PEMBELAJARAN
BUDI PEKERTI
EVALUASI
Yasin ( ) 80



Al Fajr () : 1-5


Yunus (10) : 192



Al Alaq (96) : 3


Hadits Syarah As Sunnah
An Nahl (16) : 103

Al A’raf (7) : 158
IPA biologi



Matematika


PAI



IPA


PAI



PAI
Proses Photosintesis dalam ilmu tumbuhan-tumbahan

Bilangan desimal dan digital

Kisah Rasul-Rasul mengenai keberadaan mayat Fir’aun di piramida
Biologi ilmu manusia


Hafalan Qur’an



Qur’an dan terjemahan
Buku Biologi
Qur’an


Buku matematika
Qur’an

Buku kisah Rasul-Rasul


Buku Biologi


Buku Revitalisasi PAI


Buku Riwayat
Hidup Rasulullah
Buku Revitalisasi PAI
1x4 Jam pelajaran
Menjelaskan terjadinya proses photosintesis pada tumbuh-tumbuhan berdaun yang terkait dengan surat Yasin : 80

Menjelaskan keterkaitan antara ilmu matematika dengan surat Al Fajr : 1-5

Menjelaskan keterkaitan antara kisah tenggelamnya Fir’aun yang mayatnya dimumikan di Mesir  dengan surat ..

Menjelaskan proses terciptanya manusia dari melekatnya (al alaq) ovum dan sperma.

Membuktikan bahwa Qur’an mudah dihafal, bahwa banyak anak usia dini mampu menghafalkan seluruh isi Qur’an.

Menjelaskan bahwa Qur’an tidak mungkin diciptakan Nabi Muhammad yang tidak bisa membaca dan menulis
Meyakini bahwa Qur’an adalah mukjizat Rasulullah.

IDEM


IDEM



IDEM


IDEM



Meyakini bahwa Qur’an adalah ciptaan Allah.
-    Uraian
-    Jawaban singkat


IDEM


IDEM



IDEM


IDEM



IDEM





PEDOMAN
POKOK PEMBAHASAN
PEMBELAJARAN
BUDI PEKERTI
EVALUASI
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Az Zumar (39) : 2


Ali Imron (3) : 179


Asy Syura (42) : 20

Al Baqarsh (2) : 282

Al Muddassir (74) : 38

Al Anbiyaa’ (21) : 105

Al Ashr (103)

Al Insyirah (94) : 5,6
Al Baqarah (2) : 269

Al Baqarah (2) : 143
Taat beribadah


Bertakwa


Niat baik

Integritas

Bertanggung jawab

Cerdas

Disiplin

Istiqamah
Bijaksana

Seimbang
-    Menjelaskan bahwa dengan taat beribadah, Allah akan melimpahkan rezeki.
-    Menjelaskan bahwa Allah akan memberikan rezeki tak terduga bagi insan yang bertakwa.
-    Menasehati agar dalam berhubungan dengan seseorang disertai niat baik.
-    Mengingatkan sekali berbuat salah, seumur hidup orang tak percaya.
-    Mengingatkan agar tidak melemparkan kesalahan pada orang lain.
-    Mengingatkan bahwa sumber daya alam hanya dinimati orang yang cerdas.
-    Mengingatkan agar hari ini harus lebih baik dari kemarin.
-    Mengingatkan agar tidak berputus asa.
-    Mengingatkan agar bersikap terbuka demi kemajuan.
-    Menasehati agar menganut gaya hidup seimbang antara kepentingan dunia dan akhirat, antara kepentingan pribadi dan masyarakat.
-    Menunaikan Rukun Islam dengan bersungguh-sungguh

-    Melaksanakan perintah-Nya
-    Menghindari larangan-Nya

-    Berbicara dengan niat baik

-    Jujur, terpercaya

-    Bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan
-    Rajin belajar, mengeksploitasi alam

-    Menghargai waktu, disiplin, tidak menunda pekerjaan.
-    Tangguh, pantang menyerah
-    Luwes, terbuka

-    Gaya hidup seimbang antara tubuh, pikiran, perasaan.








-    Melalui pengamatan
-    Penilaian diri sendiri

5x2 jam pelajaran

Qur’an dan Sunnah




PEMBINAAN POLA PIKIR DAN SIKAP MENTAL TERCERAHKAN
PEDOMAN
SUMBER BELAJAR
BAHAN AJAR
ALOKASI WAKTU
PEMBELAJARAN
BUDI PEKERTI
EVALUASI
Al Anfal (8) : 22


Bani Israil (17) : 36


Al Hajj (22): 46


Al Mujadilah
(58) : 11

Huud (11): 61


Al Ashr (103) :1-3


Al Baqarah (2) : 143
Hadits

Al Mu’minuun (23):81
Saba (34) : 28
Buku Revitalisasi PAI

IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM

IDEM
Pola pikir dan sikap mental tercerahkan

IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM

IDEM
1x2 Jam pelajaran

IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM


IDEM

IDEM
Menjelaskan bahwa tugas Rasulullah adalah memerangi kebodohan kaum kafir Quraisy.

Menjelaskan bahwa kita harus bersikap kritis, tidak ikut-ikutan.

Menjelaskan perlunya sikap terbuka dan luas demi kemajuan.

Menjelaskan pentingnya pengetahuan agar hidup menjadi mudah.

Menjelaskan bahwa kita dilarang menyembah alam tetapi mengeksplorasinya.

Menjelaskan bahwa kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Menjelaskan pentingnya hidup secara seimbang
Menjelaskan bahwa orang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya.
Menjelaskan bahwa roda kehidupan berjalan semakin cepat, tidak boleh ketinggalan zaman.

Menjelaskan bahwa pada era globalisai, kita harus memiliki wawasan Universal.
-    Rasional bukannya irrasional
Menggunakan akal sehat
Tidak mempercayai ketahayulan
-    Kritis bukannya fanatik buta
Terbuka bukannya jumud.

-    Luwes, bijak dan terbuka


-    Memanfaatkan sumber daya alam.
-    Tidak menunda pekerjaan dan mendahulukan yang penting.
-    Mengeksplorasi sumber daya alam


-    Menghargai waktu, bukannya menyia-nyiakan.

-    Menganut gaya hidup seimbang.
-    Peduli kepada sesama manusia.

-    Berorientasi ke masa depan, bukannya pada tradisi yang sudah usang.
-    Memiliki wawasan internasional.
-    Uraian
-    Jawaban singkat

IDEM

IDEM

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar